Gresik – Meski tanpa persiapan yang berarti, namun 2 sekolah di Gresik yaitu SD Muhammadiyah II Manyar Gresik dan SMP Negeri I Kedamean telah siap dinilai oleh tim juri. Keduanya adalah merupakan nominator juara Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS UKS/M) Propinsi Jawa Tmur Tahun 2018.

Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto serta Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim. Keduanya secara bersama-sama memberikan sambutan pada ramah tamah dan penerimaan tim penilai LSS UKS/M di Ruang Puteri Cempo Kantor Bupati Gresik, Rabu (5/12/2018).

Bupati Sambari menyebutkan bahwa SMP Negeri I Kedamean adalah sekolah juara. Sekolah tersebut adalah sekolah pertama di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Dalam hal pendanaan, Sambari mengaku tidak memberikan prioritas khusus bagi sekolah tersebut dan lebih mengedepankan pemerataan.

“Kami tidak mempersiapkan dengan menggelontorkan dana khusus kepada mereka agar menjadi juara. Bahkan SMP Negeri I Kedamean sudah lama tidak pernah mendapat biaya perbaikan. Tapi kami yakin, dukungan semua pihak dan kebersamaan akan memberikan hasil lebih baik. Dan itu sudah kami buktikan pada kemenangan-kemenangan terdahulu” tandasnya.

Bupati juga menyatakan bahwa tak hanya kedua sekolah tersebut yang baik dan sehat, tapi hampir semua sekolah di Gresik itu baik. Dia juga berharap kepada para tim juri agar lomba ini bersifat fair play, yaitu yang juara adalah yang benar-benar pantas juara.

“Yang terbaik adalah yang harus keluar sebagai juara. Jangan ada karena untuk pemerataan maka yang terbaik malah dikorbankan. Tolong hal ini agar disampaikan kepada tim dewan juri pada tingkat nasional” tandas Sambari.

Menanggapi pernyataan Bupati Sambari dan Wabup Qosim, Ketua Dewan juri Eka Ananda Arif Budi menyatakan bahwa pihaknya sudah mencium aroma kebaikan.

“Kami melihat kekompakan para kader UKS dan simbul simbul UKS sudah muncul di Kabupaten Gresik. Tampak juga kekompakan dan sinergi OPD, Forkopimda serta beberapa perwakilan institusi yang hadir ini sudah mendapat penilaian plus. Menang itu hal yang mudah, asalkan sudah memenuhi beberapa kriteria. Hal inilah nanti yang akan kami kunjungi baik ke Sektap Kabupaten maupun ke sekolah yang akan kami nilai” tandasnya.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Sutrisno mengatakan bahwa, Gresik adalah langganan juara sekolah sehat. sesuai yang disampaikan Bupati semua sekolah di Gresik itu baik dan sehat.

“Karena kita sudah sering memenangkan kejuaraan, tentu saja tidak terlalu sulit untuk juara. Saya yakin, Gresik akan meraih juara dan mewakili Jawa Timur di kancah Nasional” ungkapnya optimis. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here