Gresik Panjinasional : Berkat inovasi yang di kembangkan Desa Pangkah Kulon dalam pelayanan cepat pengurusan surat yang hanya memakan waktu hanya 30 detik, Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik kini kembali dijadikan tempat studi banding.

Kali ini dua rombongan dari Desa Pesisir dan Desa Blimbing Kabupaten Situbondo, sengaja datang untuk berguru terkait cepat dan mudahnya pelayanan publik berbasis IT yang dimiliki oleh Desa Pangkah Kulon, Sabtu (1/12/2018). Inovasi yang dikembangkan oleh Desa Pangkah Kulon tersebut, juga pernah menyabet juara satu tingkat Kabupaten dan juara tiga tingkat Provinsi pada tahun 2016 silam.

Kepala Desa Pangkah Kulon Achmad Fauron mengatakan studi banding dari Desa Pesisir dan Desa Blimbing Kabupaten Situbondo ini adalah yang ke 5 kalinya, dari beberpa Desa yang pernah melakukan studi banding dengan tema yang sama ke Desa Pangkah Kulon.

” Studi kali terkait pengembangan Bumdes dan pelayanan cepat berbasis IT. Nantinya kita akan mengenalkan dan mempresentasikan tata cara pengembangan Bumdes dan penggunaan aplikasi berbasis IT yang nantinya akan kita berikan untuk di gunakan di tempat mereka ” ungkapnya.

Terkait pelayanan publik berbasis IT Kades Pangkah Kulon menjelaskan, aplikasi ini kedepan akan terus dikembangkan menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Ia juga berkeinginan pelayanan ini nantinya bisa di akses melalui teknologi terbaru yakni ponsel android.

” Kami akan terus membuka diri bagi siapa pun desa-desa di yang berkeinginan mengenal dan mempergunakan teknologi ini di tempat nya. Selama yang kami kembangkan bermanfaat bagi orang lain, kenapa kita harus menutup diri ” tambah Achmad Fauron

Sementara itu, Kades Pesisir Situbondo, Sudarsono mengungkapkan studi banding ke Desa Pangkah Kulon ini sangat bermanfaat. Mulai tata cara pengembangan Bumdes dan terlebih dengan adanya inovasi teknologi terkait pelayanan publik yang cepat dalam pengurusan surat.

” Kami tahu potensi Desa Pangkah Kulon ini dari internet. Kami disini diberikan pemahaman terkait pengembangan Bumdes dan teknik-teknik penerapan IT. Semoga apa yang kita pelajari disini, nanti kita bisa menerapknnya di desa kami ” ucap Kades Pesisir Kabupaten Situbondo ini. (Yit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here