Batu, Panjinasional :
Pemerintah Kota Batu, melalui Dinas Pertanian menggelar pameran peternakan 2018. Kegiatan yang berlangsung di halaman timur Balaikota Amongtani tersebut adalah merupakan rangkaian HUT Kota Batu ke-17, Rabu 14/11/2018 hingga Kamis 15/11/2018.

Kegiatan yang bertajuk “Peternak Berdaya Batu Berjaya” itu di buka oleh Wakil Walikota Batu Punjul Santoso dan di hadiri Wakil Ketua DPRD Kota Batu Hari Danah Wahyono, Anggota DPRD Khudori, Sekda, Kepala SKPD di lingkungan Pemkot Batu, Pelajar SDN Ngaglik 02 Kota Batu dan para peserta pameran peternakan.

Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkot Batu sangat mendukung kegiatan ini.

“Peternakan layak dapat porsi utama setelah pertanian, karena itu perlu bersinergi dengan akademisi serta Balai Pertanian dan Peternakan milik Pemerintah,” terang punjul.

Punjul berharap kegiatan ini dapat meningkatkan potensi peternak di Kota Batu baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Pemerintah kota Batu melalui dinas Pertanian juga telah mendukung pemberian sarana dan prasarana peternakan berupa pemberian bibit mulai dari sapi, kambing maupun, domba berkualitas. Selain itu ada pembuatan kandang terpadu serta pemberian bantuan pakan dan obat-obatan, pelayanan gratis untuk sapi mulai dari inseminasi buatan, pemeriksaan kebuntingan, kelahiran, penanganan gangguan reproduksi dan kesehatan.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Batu Ir Sugeng Pramono menjelaskan, kegiatan promosi atas hasil produk peternakan unggulan daerah ini adalah untuk meningkatkan jumlah pelaku usaha peternakan dan hasil produksi peternakan.

“Intinya dari kegiatan ini adalah untuk peningkatan produksi dan produktifitas ternak dan hasil olahannya, pemahaman tentang pentingnya gizi yang bersumber dari protein hewan, peningkatan SDM serta pendapatan peternak,” kata Sugeng.

Tujuan kegiatan ini menurut Sugeng “adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas teknis dan peternak, sehingga dapat meningkatkatkan populasi, produksi ternak dan konsumsi olahan hasil peternakan serta memberi motifasi usaha bagi peternak dan masyarakat umum.” (Gus Er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here