Kota Malang, www.panjinasional.net Advertorial.
Baru-baru ini Dinas Pendidikan (Disndik) Kota Malang, menggelar Pembinaan dan Pengembangan Karier Pendidik dan Tenaga Kependidikan melalui Sosialisasi Peningkatan Karier Berbasis Online.

Sosialisasi ini merupakan bentuk upaya Dindik Kota Malang untuk maksimalkan teknologi informasi agar terus menunjang kinerja jajarannya.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra, Zubaidah,MM,menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini mencapai standar pendidikan 4M yakni Mudah, Murah Merata dan berbasis Mutu. “Iya semua dari kalangan pendidikan saya undang semuanya saya kumpulkan semua yang terkait kepegawaian, baik pendidik maupun tenaga kependidikan yang terkait dengan SIMAS , ” Selain itu, sosialisasi ini sekaligug untuk mengenalkan aplikasi agar memberikan kemudahan atministratif bagi guru – guru untuk tidak membuang waktu mengurus kenaikan pangkat dan gaji berkala.Melalui sistem Data pokok Pendidikan (Dapondik ) kali ini para guru pun tidak lagi kesulitan untuk memproses atministrasi di sekolah. “Nah dengan sistem onlineitu pasti tidak akan ribet,”jelasnya.
Perlu diketahui,Dapodik sendiri adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu,dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional.yang merupakan bagaian dari pogram perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan indonesia yang cerdas dan koperatif. Sudah Lebih lanjut, Zubaidah menambahkan nantinya guru atau pegawai cukup menyerahkan data untuk diupload ke atmin sekolah.
”Tinggal klik ubah data,setelah itu berkasnya diicetak dan dikirim ke kantor dinas .Dicek sudah lengkap bisalangsung saya tandatangani.Nggak sampai lima menit sudah selesai,”urainya.
Untuk itu,iya beerpesan kepada para peserta untuk segera mempelajari sistem ini agar proses atministrasi di sekolah bisa cepat dan mudah.

“Pulang dari sini harus sudah bisa langsung diterapkan di sekolah Jangan hanya datang untuk menggugurkan kuwajiban dan melaksanakan surat tugas,”tandasnya. Semua ini kan enak nggak ada keluhan lagi. Misalnya guru waktunya kenaikan pangkat dan gaji berkala.Tidak lagi harus mondar mandir minta data,begitu klik bisa keluar datanya,Tambahnya.

Sementara itu, kabit pebinaan PKK Dindik Kota Malang Dra, Sri Sutrisnawati MPd menambahkan, optimalisasi sitem kependidikan sangat dibutuhkan di era industri 4.0 ini.”peningkatan karir secara periodik juga butuh penyesuaian berbasis online yang mudah diakses kapanpun.Dindik melaksanakan kegiatan melalui SIMAS melalui arahan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang ungkapnya.

Sutrisnawati menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar pendidik dan tenaga kependidikan punya kemampuan pemutakhiran data melalui SIMAS. Hal itu untuk mendapatkan layanan pengembangan karier secara online, ”Mereka punya profil kepegawaian yang bisa diakses online,baik Dindik maupun BKD.Sehingga tepat waktu,efektif dan efisen,”tambahnya. (Chan/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here