Semarang.www.pajinasional.net
Masyarakat Jateng peduli Palu memberikan bantuan lebih dari Rp 2 miliar yang diserahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bantuan tersebut Rp 1 miliar dari Pemprov Jateng, Rp 416 juta dari Baznas Provinsi Jateng, Rp 350 juta dari Bank Jateng, dan Korpri Pemprov Jateng Rp 300 juta. Selain itu sebanyak 160 relawan berbagai unsur juga tengah membantu pemulihan.

“Inilah kondisi yang kami alami, memang gempa ini luar biasa. Menurut peneliti ini gempa yang berdampak paling sempurna. Ada tsunami, Likuifaksi dua macam yang mengalir dan menyedot. Ada jalan yang di blender di Jono Oge. Itu hanya ada di sini di seluruh dunia. Lengkap sudah dampak gempanya,” kata Gubernur Sulawesi Tengah Longky Djanggola saat menerima Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di ruang kerjanya, Senin (15/10/2018).

Ikut mendampingi Gubernur Longky Djanggola antara lain Walikota Palu Hidayat dan Wakil Bupati Sigi Paulina. Sedangkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo antara lain didampingi Kalakar BPBD Jateng Sarwa Pramana dan Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo.

Saat ini relawan dari Jawa Tengah yang telah 10 hari di Sulteng sedang membangun 100 hunian sementara (Huntara) di Petobo, Palu. Selain itu juga ada tim dapur umum, tim kesehatan serta mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Jateng.

“Kami tidak tahu mau bagaimana membalas. Mungkin kami hanya bisa membalas lewat masyarakat Jawa yang ada di sini, kami akan menganggap sebagai saudara kami dan memperlakukan dengan baik seperti kami memperlakukan saudara kami sendiri,” katanya.

Sementara itu Ganjar mengaku masyarakat Jawa Tengah akan terus mengirim bantuan. Terlebih setelah dia melihat langsung kondisi beberapa wilayah terdampak.

“Ini bentuk cinta dan sayang kami pada masyarakat Sulteng, Kami berharap Sulteng segera dan harus bangkit, kalian tidak sendirian,” kata Ganjar sebagai tertera dalam rilis yang diterima panjinasional.net Selasa (16/10/2018).

Begitu tiba di Palu Senin pagi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung
berkeliling melihat situasi dan kondisi serta berdialog dengan masyarakat pasca bencana, juga menengok proses pembuatan Huntara yang dibangun oleh tim relawan asal Jateng di Petobo Baru, Palu Selatan, Kota Palu.

Sejak awal Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berpesan
agar relawan tidak merepotkan dan kedatangan mereka harus dapat membantu masyarakat yang terkena bencana.,(Hamim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here