Kegiatan Sosialisasi PKG dan PKB se-Kec. Talango, Dibuka Langsung Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Sumenep.

Sumenep, Panjinasional.net
Kegiatan Pelaksanaan Pembukaan Sosialisasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) se-Kecamatan Talango, dibuka langsung Kepala Bidang (Bidang) Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kegiatan Sosialisasi PKG dan PKB se-Kec. Talango, Dibuka Langsung Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Sumenep

Bertempat di SDN Talango 01 Kecamatan Talango, Kegiatan PKG dan PKB ini dihadiri Ketua Koordinator Bidang Pendidikan, Kepala Sekolah, Operator Sekolah dan Guru Senior Sekolah TK, SD dan SMP Negeri dan Swasta se-Kecamatan Talango.

Kegiatan Sosialisasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dilaksanakan secara bergilir ke Setiap Kecamatan.

Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep., Drs., Moh., Saleh., M. MPd Dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan ini untuk menunjang kegiatan PKG dan PKB pada tahun 2019. Karena pada tahun 2019 mendatang sistem penilaian PKG dan PKB sudah berbasis aplikasi Online.

“Sistem aplikasi berbasis Online dalam Penilaian Kinerja PKG dan PKB sudah dibuat oleh team Pengembangan dan Pengendalian Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep,” kata Bapak Drs., Moh., Saleh., M. MPd, bvpada saat acara Pembukaan Sosialisasi PKG dan PKB, di Aula Auditorium SDN 01 Talango. Rabu (10/10/2018) kemarin.

Kabid yang familier dengan panggilan Bapak Saleh ini juga mengatakan, selain kedepan aplikasi berbasis Online ini untuk penilaian PKG dan PKB ini juga untuk mempersiapkan angka kredit tahunan yang juga berbasis Online,” tambah dia

“Kegiatan Sosialisasi PKG dan PKB ini merujuk pada PERMENPAN-RB Nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.”

“Sedangkan Sasaran kegiatan Sosialisasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi Guru TK, Guru SD dan Guru SMP Negeri maupun Swasta,” sambung dia.

Tidak kalah pentingnya disela-sela acara tersebut Bapak Kabid yang dikenal murah senyum ini juga menceritakan maraknya berita tentang pemukulan guru terhadap murid.

Sehingga membuat beliau juga mengimbau untuk tenaga Pendidik agar dalam membina dan mendidik peserta didik tidak mudah terbawa emosi untuk menangani siswa yang nakal, agar hendaknya ditangani secara profesional.

Bertindak selaku Narasumber, A Kamil Kusmidi, M.Pd dan Drs Ach Surahman, M.Pd Dalam penjelasannya, kegiatan sosialisasi Penilaian kinerja guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bertujuan :
1. Menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

2. Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.

3. Menentukan persentase perolehan hasil penilaian kinerja untuk perhitungan angka kredit yang diperoleh atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun berjalan.

4. Menjadi dasar untuk menyusun program pengembangan keprofesiannya sebagai guru pembelajar.

Dengan kegiatan ini agar guru dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja guru, bisa menyajikan suatu landasan untuk pengambilan keputusan, penetapan efektif atau kurang efektifnya untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan dan mempertahankan sikap-sikap positif dalam mendukung pembelajaran peserta didik untuk mencapai prestasinya.@ ADV (bg.thoy/qib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here