Gresik – www.panjinasional.net
Ketua KPU RI, Arief Budiman meninjau pabrik pembuatan kotak dan bilik suara yang bakal digunakan pada pemilu 2019 nanti.

Arief tiba di PT Intan Ustrix Gresik yang berada di jalan raya Roomo Kecamatan Manyar sekitar pukul 14.00 wib bersama rombongan dengan didampingi komisioner KPUD kabupaten Gresik. Minggu (30/9/2018).

Sebelum masuk kedalam pabrik, Arief memberikan penjelasan kepada awak media tentang spesifikasi, rencana produksi dan bahan yang akan dijadikan sebagai Kotak suara dan Bilik Suara yang siap digunakan dalam Pemilu 2019 nanti.

Dari total kebutuhan logistic KPU, PT. Intan Ustrix mendapatkan kuota 22,43% untuk memproduksi Kotak Suara dan 12,17% untuk memproduksi bilik suara. Kotak dan bilik suara di produksi dari bahan karton kedap air. Dengan menggunakan bahan dari karton dapat menghemat biaya logistic pemilu diandingkan bahan aluminium atau kayu.

“Dulu pakai kotak kayu, banyak kayu ditebang jadi tidak ramah lingkungan. Kemudian berbahan alumunium, pertimbangannya produksinya mahal dan banyak KPUD yang tak memiliki gudang penyimpanan, sehingga penyimpanannya harus sewa gudang,” ujarnya

Arif menambahkan, bahan karton kedap air selain biaya produksi hemat, karton juga kuat sehingga cocok sebagai pengganti aluminium. Soal penggunaan, penggunaan karton hanya digunakan sekali pakai jadi tidak butuh gudang.

Untuk membuktikan jika bahan karton tersebut kuat, arif menduduki kotak suara dihadapan awak media “ini saya duduki tidak apa – apa, Kuat sekali ini, selain kedap air ini hanya sekali pakai jadi tidak usah disimpan lagi,” tambah dia.

Untuk logistik Pemilu 2019, KPU RI mengerjakan di tahun 2018 dan 2019. Itu dibagi atas beberapa kategori, misalnya untuk logistik kotak dan bilik suara dikerjakan pada tahun 2018 karena bisa disimpan lebih lama.
“Sedangkan, untuk logistik seperti tinta, kertas suara, hologram diproduksi tahun depan. Kalau diproduksi sekarang tidak bisa disimpan lama,” pungkas Ketua KPU RI, Arief Budiman

KPU memberi tenggat waktu selama 64 hari untuk Produksi kotak dan bilik suara sekaligus distribusi dan serah terima yang di deadline selesai pada 30 november 2018.

Dalam trial produksi yang dilakukan, menurut sutris salah satu karyawan bagian flexo dalam satu shif jam kerja bisa memproduksi hingga 20 ribu lembar karton kotak suara. (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here