Pamekasan, www.panjinasional.net
World Cleanup Day (WCD) yang merupakan bersih-bersih sampah plastik serentak diseluruh dunia digelar di area pantai Talang Siring Desa Montok Kecamatan Larangan. Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur, Sabtu (15/09) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di 144 negara, 46 daerah diseluruh Nusantara ini diikuti lebih 600 relawan yang melibatkan instansi pemerintah mulai tingkat desa, camat, TNI, Polri, Dinas Lingkungan hidup, Dinas Pendidikan, siswa dari berbagai sekolah serta relawan dari berbagai daerah di Jawa timur dan nampak juga istri dari bupati Sumenep Nurfitriana Busyro Karim dalam kegiatan tersebut.
Yoyonk ketua panitia bersih-bersih pantai ini menjelaskan, kegiatan ini bagian dari Word Cleanup Day (WCD) yang dilaksanakan pertama kali serentak diseluruh dunia.dan di pulau Madura dilaksanakan di pantai talang Siring.

“Sedangkan di seluruh Nusantara ada 46 titik, salah satunya kita lakukan bersih-bersih di pantai talang Siring yang merupakan Ikon dari pulau Madura,” tutur Yoyonk.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini kita bisa menghilangkan anggapan orang Madura tidak peduli kepada lingkungan dan suka membuang sampah sembarang.

“Jadi mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan dan bisa menjaga kebersihan serta berjanji kepada diri sendiri untuk mengurangi sampah plastik,” harapnya.

Sedangkan Nurfitriana Busyro Karim sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini dan banyaknya para relawan yang pastinya masih peduli terhadap lingkungan.

“Kegiatan ini bisa menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan , terutama laut kita,” tuturnya bersemangat saat ikut memungut sampah plastik yang berserakan di pantai talang Siring.

Dunia ini darurat sampah plastik, karena sampah plastik ratusan tahun untuk bisa terurai.

“Mari laut jangan dijadikan tempat sampah, sehingga biota-biota laut, tumbuh-tumbuhan juga ikan-ikan dapat hidup dengan semestinya,” tuturnya Istri dari bupati Sumenep tersebut.

Sedangkan dari Pemkab Pamekasan yang diwakili Asisten Administrasi umum Yudistinah sangat mendukung kegiatan bersih-bersih di pantai talang Siring ini,

“Ini merupakan awal yang baik, dan pemkab akan menindak lanjuti kegiatan seperti ini karena semua ini untuk kepentingan dilingkungan masyarakat Pamekasan, juga Madura bahkan Indonesia,” pungkasnya. (Put,Ros, erick)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here