REMBANG,www.panjinasional.net :
Sedikitnya 600 ribu ekor bibit bandeng alias nener ditebar di kawasan huta bakau pantai wisata “Jembatan Merah” di Dukuh Kaliuntu, Desa Pasarbanggi, Rembang Kota, Kabupaten Rembang, Kamis (13/9). Penebaraan benih nener dilakukan oleh Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Lalu Muhammad Syafriadi dan jajaran Dinas Perikanan dan Kelautan Rembang.

Kepada media, Lalu Muhammad Syafriadi mengutarakan, penebaran benih ikan bertujuan untuk meningkatkan populasi ikan di daerah pinggiran pantai. Dengan harapan bisa meningkatkan penghasilan nelayan tradisonal setempat yang biasa mencari ikan di pinggiran.

“Benih ikan bandeng sengaja kita tebar untuk titik-titik air payau, jadi nggak langsung ke lautan lepas. Targetnya, setiap tahun kegiatan semacam ini menjadi program rutin dari Dislutkan Jawa Tengah, “ ungkap Lalu Muhammad seraya menambahkan, pada tahap berikutnya, Kabupaten Rembang akan kembali mendapatkan bantuan sekitar 500 ribuan ekor benih ikan bandeng.

Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Rembang, Suparman mengatakan, dipilihnya hutan bakau Desa Pasar Banggi, karena lokasi tersebut cocok untuk perkembangbiakan ikan sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

“Hutan bakau seperti dilokasi kawasan Jembatan Merah ini sangat cocok untuk engembangan bandeng. Ikan ini nantinya bertelur di bawah pohon bakau, kemudian kalau beranak pinak, dapat bermanfaat bagi nelayan,” ucap Suparman.

Selama ini, sebagian besar nelayan asal Pasarbanggi melaut di area pinggiran. Hal itu disebabkan karena mereka hanya menggunakan perahu kecil. “Dengan penebaran benih ikan di perairan tersebut diharapkan jumlah tangkapan meningkat sehingga kesejahteraan nelayan juga membaik,” pungkas H Suparman.(yon).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here