REMBANG, www.panjinasional.net
Ribuan warga Desa Waru, Kecamatan/Kabupaten Rembang, Rabu sore (15/8), mengikuti acara jalan santai menyusuri jalan-jalan desa setempat, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018. Selain jalan santai, di desa tersebut juga digelar sejumlah lomba. Antara lain tarik tambang antar RW, lomba hiburan untuk anak-anak merias wajah dengan mata tertutup dan catur.


Ketua Panitia HUT Kemerdekan RI ke-73 Desa Waru Edi Murwanto kepada media ini mengatakan, besarnya animo masyarakat dalam mengikuti jalan santai diluardugaan panitia. “Semula kami agak kawatir peserta jalan santai sepi, sehingga menjadi hambar. Tetapi ternyata animo masyarakat sangat besar. Jumlah yang ikut mencapai antara 3.000 – 4.000 orang terdiri laki-laki, perempuan dan anak-anak,” ujar Edi Muwanto.

Edi Murwanto menambahkan, besarnya animo warga salah satunya di picu oleh jumlah hadiah dan doorprize yang cukup besar dan banyak jenisnya. Selain itu, selama ini acara serupa belum pernah dilaksanakan di Desa Waru. “Tahun depan akan kami tingkatkan dari segi jumlah hadiah dan kualitas pelaksanaan,” terang Edi.

Salah Sekdes Waru Suhendrik mengamini apa yang di kemukakan Edi Murwanto. Suhendrik mengatakan, sebenarnya persiapan kegiatan terkait dengan HUT Kemerdeaan RI 2018 ini minim. Hanya sekitar satu minggu. “Semula pemerintah desa tidak merencanakan pagelaran kegiatan HUT RI ke-73, karena memang tidak ter-anggarkan di APBDes 2018. Tetapi karena banyaknya masukan dari warga dan para mahasiswa UMK Kudus yang tengah KKN di Waru, akhirnya di putuskan digelarnya sejumlah kegiatan termasuk jalan santai,” ungkap Suhendrik.

Sementara itu dari pantauan Panjinasional di beerapa desa di Rembang juga terdapat kemeriahan acara tingkat desa dalam ranga HUT Kemerdekaan RI 2018. Misalnya di Desa Binangun Lasem juga ada arak-arakan mengelilingi desa. Begitupun di Desa Sumberjo, dan Kelurahan Magersari Rembang Kota, juga ada kegiatan yang sama. (yon).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here