Pati, www.panjinasional.net
Ratusan peggemar burung kicau yang tergabung dalam Komunitas Burung Kicau Mania Pati (KBKMP) termasuk diantaranya para penangkar burung kicau, kemarin (14/8), menggelar aksi demo damai di DPRD setempat. Mereka menolak dengan tegas di berlakukannya peraturan menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) No 20 tahun 2018, tentang satwa yang dilindungi.

Edi Zaenal Arifin salah seorang penggemar burung kicau yang ikut demo kepada media menilai bahwa Permen LHK No 20, th 2018sebuah keutusan blunder. Karena banyak jenis burung yang selama ini dtangkar masuk dalam cakupan Permen tersebut. Yang lebih disesalkan, usaha penangkaran justru di kenai pajak hingga Rp 500 ribu untuk ijin.

“Pada hal usaha penangkaran ini sebagai upaya melestarikan burung jenis tertentu, bukan untuk memusnahkan. Kami sangat menyesalkan Permen yang justru merugikan tersebut,” tandas Edi Zaenal Arifin seraya menambahkan, pemerintah seharusnya tidak serampangan dalam membuat aturan yang justru merugikan masyarakat.

Dia menambahkan, sebelum memutuskan membuat aturan, mestinya pemerintah melakukan pengkajian dan turun ke bawah menyerap aspirasi komunitas. “Kami minta jajaran wakil rakyat di Pati atau dimanapun berada untuk menindaklajuti aspirasi murni ini untuk diteruskanke pemeritah pusat dan meminta agr Permen itu dicabut,” ujar Edi. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here