Pergantian juga terjadi di Kapolda Jatim. Irjen Machfud Arifin dimutasi jadi Analis Kebijakan Utama bidang Sahara Baharkam Polri. Dia digantikan Irjen Luki Hermawan

Jakarta, www.panjinasional
Menjelang persiapan kampanye Pilpres, Kepala Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melakukan rotasi sejumlah perwira tinggi dan kepala kepolisian daerah. Dalam surat telegram Kapolri bernomor ST 2014 /VIII/KEP/2018 dan ST 2015/VIII/KEP/2018 tertanggal Senin 13 Agustus 2018, puluhan perwira menengah dan perwira tinggi menempati posisi baru.

Pergantian ini menjelang masa kampanye Pilpres 2019 yang akan dimulai pada 13 Oktober 2018 hingga 13 April 2019.
Setidaknya 62 perwira tinggi dan menengah yang terkena mutasi. Dari jumlah tersebut terdapat pergantian jabatan sembilan kapolda.
Irjen (Pol) Boy Rafli Amar yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua saat ini diangkat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri. Posisinya digantikan oleh Irjen (Pol) Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri.

Posisi Kapolda Banten yang sebelumnya dijabat Brigjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo digantikan oleh mantan Karopaminal Divisi Propam Polri Brigjen (Pol) Teddy Minahasa Putra. Listyo saat ini ditugaskan menjadi Kepala Divisi Propam Polri.

Irjen (Pol) Machfud Arifin yang sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Timur kini diangkat sebagai analis kebijakan utama bidang Sabhara Baharkam Polri. Posisinya digantikan Irjen (Pol) Luki Hermawan yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri.
Irjen (Pol) Paulus Waterpau yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Utara saat ini ditugaskan di Lemhanas. Posisinya digantikan oleh Brigjen (Pol) Agus Andrianto.

Irjen (Pol) Suntana yang sebelumnya menjabat Kapolda Lampung kini diangkat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Posisinya digantikan Brigjen (Pol) Purwadi Arianto yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polda Metro Jaya.

Irjen (Pol) Rachmat Mulyana saat ini diangkat sebagai staf ahli Kapolri. Posisinya sebagai Kapolda Kalimantan Selatan kini diisi Irjen (Pol) Yazid Fanani yang sebelumnya bertugas di BIN.

Irjen (Pol) Didid Widjanardi yang sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Riau diangkat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Dia digantikan kleh Irjen (Pol) Andap Budhi Revianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku.

Jabatan Andap kini diisi Irjen (Pol) Royke Lumowa. Jabatan Royke sebelumnya sebagai Kepala Korps Lalu Lintas Polri digantikan oleh Brigjen (Pol) Refri Andri.

Posisi Kapolda Riau yang dijabat Irjen (Pol) Nandang kini digantikan mantan Wakil Kepala Polda Jatim Brigjen (Pol) Widodo Eko Prihastopo. Nandang saat ini ditugaskan di BIN.

Posisi Wakil Kepala Polda Jawa Timur yang sebelumnya dijabat Widodo akan diisi Brigjen (Pol) Mohammad Iqbal. Posisi Iqbal sebelumnya sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri digantikan oleh eks Wakil Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo.

Posisi Dedi yang kosong akan digantikan oleh Brigjen (Pol) Rikwanto. Rikwanto sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Multimedia Polri..@tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here