Aliansi SERATU, Angkat Bicara Terkait Mega Proyek Umbulan Pasuruan
Pasuruan, Panjinasional, Senin pagi lembaga Swadaya Masyarakat LSM Kabupaten Pasuruan yang tergabung dalam aliansi ‘Serikat Rakyat Tolak Umbulan ini mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Pasuruan tujuanya ialah ,mendesak wakil rakyat untuk menolak proyek SPAM (Sarana Penyedian Air Minum ) melalui hak interplasi,karena proyek itu akan berdampak luas bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan,khususnya warga di sekitar mata air umbulan.
Aktivis seratu dari pegiat LSM ampras, suryono pane ,menduga ada dugaan penyimpangan dari sisi persyaratan adminitrasi terhadap mega proyek umbulan yang akan di kerjakan oleh PT.Medco Energy , untuk itu kami meminta kepada Pemerintah Daerah utuk melakukan penolakan mega proyek tersebut,sebab jika di teruskan kami khawatir 12 desa khusunnya desa yang berdekatan, sekitar dengan proyek tersebut akan mengalami kekurangan air bersih.
Pasalnya, dari 23 desa di 7 Kecamatan wilayah Kabupaten Pasuruan akan terancam kekeringan bila proyek sumber mata air umbulan di kerjakan,ungkapnya.
Di waktu yang sama Desakan aliansi seratu itu sangat keras, lugas, tajam , seperti yang di sampaikan oleh direktur LSM PUSAKA Pusat Studi Advokasi Kebijakan Ludjeng Sudharto , “Kami meminta kepada wakil rakyat untuk menggunakan hak interplasi ke pusat , yakni menolak keras pembangunan mega proyek umbulan karena banyak kepentingan bisnis juga disinyalir syarat politis”.
Lujeng pangilan akrabnya juga menambahkan,bahwa proyek tersebut belum ada dokumen amdal, namun pemerintah daerah kabupaten pasuruan sudah berani menandatangani,terangnya.
Ketua DPRD Sudiono Fauzan sangat respon, terkait penolakan proyek umbulan oleh aliansi seratu , dia berjanji akan meneruskan tuntutan seratu kepada Pemerintah Daerah, hal ini Bupati Pasuruan, agar melakukan kajian atas mega proyek umbulan. selain itu Dion panggilan akrabnya akan menjalankan fungsi parlemen seperti, pengawasan terkait mega proyek umbulan tersebut.
“Kami pun sepakat dan menjamin DPRD tidak akan masuk angin, akan mega proyek umbulan dengan melakukan kajiaan , mulai dari amdal dan termasuk kompensasi bagi masyarakat sekitar umbulan .@ich*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here