Ngawi – Panjinasional.net
Desa Kiyonten Kecamatan Kasreman merupakan salah satu desa yang mempunyai kawasan hutan dengan kondisi dan kultur tanah pegunungan. Dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Kasreman, Desa Kiyonten merupakan desa yang sangat minim potensi sehingga pembangunan infrastruktur di Desa Kiyonten sangat menyedot dana yang lumayan besar. Termasuk pembangunan infrastruktur jalan desa. Jalan yang naik turun dengan pinggir jalan berupa jurang atau tebing memerlukan dana yang cukup besar untuk pembangunan jalan.

Demikian juga pembangunan TPT di Dusun Plelen RT. 020 RW 05 yang berpenduduk sekitar 190 KK ini, guna untuk menghindari longsor jalan maka harus dibuat TPT setinggi +2,5 meter, panjang 239 m dengan volume 165,45 m3. Pembangunan TPT ini oleh pemerintah desa Kiyonten dianggarkan dari Dana Desa tahun anggaran 2018 dengan alokasi dana sebesar Rp. 198.125.000,-.

Desa Kiyonten pada tahun anggaran 2018 ini menerima dana desa sebesar 975 juta. “Kami memang memprioritaskan untuk pembangunan TPT dulu untuk pembangunan dan perbaikan jalan di desa kami. Seperti pembangunan TPT ini, karena percuma saja kami membangun rabat atau paving jika di kemudian hari badan jalan akan habis terkena erosi atau longsor, akhirnya sia-sia dana yang kami keluarkan.
Setelah penahan tanah ini selesai, maka kami baru melaksanakan perbaikan jalan berupa paving atau rabat. Jadi memang membutuhkan waktu yang agak lama“ demikian disampaikan oleh Sunardi Kepala Desa Kiyonten.

Dalam pengerjaan TPT ini, ketua TPK MURYANTO menjelaskan, bahwa murni melibatkan warga masyarakat desa Kiyonten khususnya dusun Plelen. “Kami ingin memberikan tambahan pendapatan kepada masyarakat meski tidak seberapa, selain itu pengerjaan TPT oleh masyarakat sendiri ini kami juga berharap agar TPT ini benar-benar dikerjakan secara maksimal sehingga akan benar-benar bermanfaat untuk memperlancar transportasi mereka. Yang terpenting adalah masyarakat bisa langsung memberikan kontrol atau pengawasan kepada kegiatan kami khususnya dan desa pada umumnya”. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here