M Affan-Dirut PDAM Rembang

REMBANG, Panjinasional.net :
Lantaran sumber air baku mulai meyusut pada musim kemarau, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rembang mengambil kebijakan menggilir suplai air ke pelanggan. Direktur PDAM Rembang Muhammad Affan menjelaskan, penggiliran suplai air terhadap pelanggan merupakan kebijakan dalam menghadapi musim kemarau.

Menurutnya, kebijakan itu sengaja diambil karena pasokan air baku dari beberapa sumber air mulai berkurang, akibat debit air turun. Ia menyebutkan, sumber air yang mengalami penurunan debit adalah Embung Grawan Kecamatan Sumber, Jatimudo Kecamatan Sulang, dan sumber air Mudal di Pamotan.
Menjawab media mengenai banyaknya keluhan pelanggan karena air PDAM sering macet, Affan menjlaskan, itu barang kali berasal darisejumlah pelanggan yang belum mendapatkan sosialisasi dari PDAM terkait kebijakan penggiliran suplai air.

“Untuk menghadapi musim kemarau kami akan melakukan penghematan air, dengan melakukan inspeksi terhadap pemotongan jaringan air atau pencurian air oleh oknum yang tak bertanggung jawab,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat supaya ikut serta menghemat air, salah satunya dengan cara mematikan keran air jika sudah tidak digunakan. “Masyarakat juga harus ikut berpartisipasi untuk antisipasi kekeringan . Bentuk pertisipasi bisa melalui menutup keran air ketika sudah tidak diapakai,” pungkas M Affan. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here