REMBANG, Panjinasional.net :
Harga telur ayam di Rembang terus mengalami kenaikan dalam beberapa pekan terakhir. Saat ini harga telur ayam di tingkat eceran telah menembus antara Rp 28.000 – Rp 29.000 per kg. Pada hal pada sekitar lebaran lalu, harganya masih berkisar antara Rp 23.000 – Rp 24.000 per kg.

Di pasar induk Rembang Kota dan Lasem, para pedagang memasang harga antara Rp 26.000 – Rp 27.000 per kg. Tetapi harga itumenjadi naik di tingkat eceran di warung-warung pedesaan. Yakni antara Rp 28.000 – Rp 29.000 per kg. Sedangkan harga di supliyer berkisar antara Rp 25.000 – Rp 26.000.

Kenaikan harga telur ayam ini cukup dikeluhkan warga konsumen. Dan dirasa cukup aneh, mengingat pada beberapa bulan menjelang lebaran harga telur justru hanya berkisar antara Rp 18.000 – Rp 20.000 per kg. Kemudian pada sekitar lebaran naik antara Rp 23.000 – Rp 24.000 per kg. Tetapi justru usai lebaran harganya malah naik. “Ini fenomena aneh. Biasanya harga-harga komoditas akan turun atau paling tidak stabil usai lebaran. Tapi ini justru malah naik,” terang Sri Rejeki, warga Desa Pulo Rembang Kota, Sabtu (14/7).

Fitri Marini (30), seorang supliyer telur ayam, warga Desa Waru Reembang Kota ketika di tanya media ini Sabtu (14/7) mengatakan, diriinya tidak tahu persis penyebab kenaikan harga telur ayam. Karena setiap terjadi transaksi via telepon dengan peternak dari Kediri atau Boyolali, mereka cuma menginformasikan mengenai harga. Sedang ketika ditanya kenapa harga telur kok naik terus, mereka tidak mau menjelaskan. “Atas kondisi ini, saya sering di komplain para bakul langgananya,” tutur Fitri.

Berdasarkan pantauan dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), kenaikan harga telur terjadi merata hampir di semua daerah. Kenaikan itu lebih disebabkan karena suplay kurang. Karna harga pakan ternak terus, maka sangat memengaruhi produksi telur. Menurut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito beberapa waktu lalu, kenaikan itu salah satunya di picu nilai tukar rupiah terhadap dollar yang mengakibatan kenaikan harga pakan ternak ayam impor. (yon).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here