REMBANG, Panjinasional.net :
Sebanyak 37 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dari berbagai fakultas akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kabupaten Rembang. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto,SE didampingi Ketua Penggerak PKK Hj. Hasiroh di Aula lantai 4 kantor Bupati, Kamis (12/07).

Kepala Bagian Komunikasi dan Penyuluhan IPB, Dr. Ir. Siti Amanah, MSc kepada media mengutarakan, jumlah mahasiswa yang akan KKN di Kabupaten Rembang ialah 37 orang. Setiap satu desa akan diberi 1 kelompok yang beranggotakan 7 mahasiswa.
“Ada 37 orang dan per desa diberi 7 orang maksimum dari berbagai bidang ilmu, ada 7 program studi ada dari fakultas pertanian, peternakan, perikanan, kemudian ekologi manusia dan SB,” terang Siti Amanah.

Lebih lanjut Siti Amanah mengemukakan, tujuan diadakannya KKN di Rembang guna memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk berkiprah bersama-sama dengan masyarakat. Selain itu juga membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan.

Dia menambahkan, ada tujuh desa yang menjadi sasaran KKN kali ini. Diantaranya desa Sale, Mrayun, Wonokerto dan Desa Tahunan Kecamatan Sale. Kemdian Desa Pasedan, Karangasem, dan Sendangmulyo, Kecamatan Bulu.

Sementara itu, Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa IPB yang akan melaksanakan KKN di Kabupaten Rembang. Ia berharap keberadaan mahasiswa KKN ini nantinya bisa membantu Pemkab Rembang dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi pedesaan sekligus pengentasan kemiskinan.

“Kehadiran mahasiswa ini diharapkan bisa membantu Pemkab Rembang dalam pengentasan kemiskinan. Peru di ketahui bahwa di Rembang terdapat 74 desa berstatus desa merah. Selain IPB, tahun ini juga adan program KKN dari perguruan tinggi lain. Yakni dari UGM, Undip, Unisula semarang dan UMK Kudus,” tandas Bayu Andriyano. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here