Pamekasan, Panjinasional
Pemerintah kabupaten Pamekasan melalui dinas pariwisata menggelar festival Seni Unggulan dan Pameran Ekonomi kreatif yang akan berlangsung dari tanggal 6-7 Juli 2018 di laksanakan di area monumen arek lancor.

Pagelaran festival seni unggulan juga memperlombakan seni tari diantaranya tari topeng gettak dan tari rondhing merupakan seni tari unggulan dari kabupaten Pamekasan yang sudah pernah tampil Sampai ke Kuala lumpur malaysia dan diiringi oleh musik karawitan bintang famili pimpinan Indah Sripangestu
dari desa ceguk Tlanakan Pamekasan.

Acara yang cukup menarik para penonton ini juga dihadiri oleh Plt Sekda Moh. Alwi yang didampingi ketua DPRD pamekasan Halili juga kadisparbud Achmad Syaifuddin, Dandim 0826/Pamekasan Letkol inf Nuryanto dan para undangan dari pemerhati seni di Pamekasan.

Menurut Kadisparbud Achmad Syafiuddin melaporkan bahwasanya kegiatan ini untuk melestarikan seni budaya Pamekasan juga bagaimana mengembangkan dan memasarkan bentuk budaya dalam bentuk daya tarik wisata serta yang tak kalah pentingnya dinas pariwisata dan budaya sebagai pendorong ekonomi kreatif di kabupaten gerbang salam.

“Kegiatan ini untuk melestarikan dan ajang mengapresiasi talenta-talenta muda untuk mengkreasi bentuk tari-tarian yang akan dilombakan dalam kegiatan ini juga meningkatkan perekonomian dalam masyarakat,” ungkap Kadisparbud. Jum’at 06/07) malam.

Sedangkan PJ Bupati yang dalam sambutannya di wakili PLT Sekda kabupaten Pamekasan Moh. Alwi mengatakan, Alhamdulillah festival dapat memunculkan kreatifitas baru.

“Kegiatan ini sangat strategis untuk melestarikan seni budaya yang lahir dan tumbuh berkembang di pamekasan,” ungkapnya.

Kegiatan yang merupakan agenda rutin tiap tahun tersebut juga menampilkan pameran ekonomi kreatif yang memberi ruang bagi pelaku industri kreatif untuk mengempletasikan karya-karya kreatifnya agar menambah perekonomian masyarakat.

“Pamekasan memiliki kekayaan budaya dan karya-karya kreatif yang amat banyak, beragam dan amat bernilai dalam menghadapi ekonomi global yang membawa pengaruh sangat besar, kehadiran budaya tradisional dan industri kreatif sangat diperlukan,” pungkasnya.

Sementara itu festifal seni unggulan yang memperlombakan tari topeng gettak dan tari rondhing di ikuti 30 peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, sedangkan pameran ekonomi kreatif menyuguhkan berbagai macam olahan makanan dan minuman khas Pamekasan serta industri batik pamekasan juga berbagai hasil ekonomi kreatif dari kabupaten gerbang salam. (erick)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here