Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Ketua Bhayangakari Enik Budi Hermanto, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto S.I.K M.Si, Letkol Inf Ferry Musawwad.

Batu, Panjinasional :
Dalam rangka memperingati hari bhayangkara ke-72 Polres Batu menggelar acara tasyakuran, sekaligus peluncuran Aplikasi Polisi Jelajah Kota Batu (APEL BATU), senin (2/6/2018).

Acara tersebut sangat menarik, karena para penerima tamu yang juga anggota Polres Batu mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia, selain itu juga di meriahkan penampilan drama dari pelajar siswa siswi Selamat Pagi Indonesia.

Beberapa tokoh penting juga turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya Deputi bidang pelayanan publik Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dr Diah Natalisa MBA, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Mahfud Arifin S.H, Pangdiv 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H., Lanal Malang Kolonel Laut P. Nanang Haryono, Danrem 083 Baladika Jaya Malang Kolonel Inf Bagus Suryadi, Dandim 0818 Malang-Batu Letkol Inf Ferry Musawwad dan para Komandan/Pimpinan Kesatuan TNI – Polri Malang Raya, Forkopimda Malang Raya, Walikota Batu Dra hj Dewanti Rumpoko M.Si., beserta Wakil, DPRD Kota Batu serta tamu undangan lain.

Dalam sambutannya Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto S.I.K M.Si, mengatakan “Polres Batu sudah berjalan selama 14,5 tahun, kami selalu mencoba inovasi baru terkait pelayanan publik, itu kami lakukan sesuai Program Nawacita demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Batu,” kata Budher.

Buher sapaan akrab Kapolres Batu itu, juga menambahkan, bahwasannya inovasi Apkikasi Polisi Keliling Kota Batu (APEL BATU) guna memberikan kemudahan untuk masyarakat, menurut dia, masyarakat yang membutuhkan pelayanan cukup lewat Call Center 110.

Melalui layanan APEL Batu itu bisa memberikan informasi terkait pelayanan wisata dan mengukur semua kinerja Polres Batu, termasuk juga aplikasi publik terpadu yang terdiri dari Intel, Reskrim dan Lantas.

“Inovasi APEL BATU adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, APEL BATU itu bisa memberikan informasi terkait pelayanan wisata, selain itu pelayanan Publik terpadu, SKCK dan sebagainya, salah satunya, di Kota Batu telah tersebar 1000 mata CCTV, yang terpasang di beberapa penjuru Kota Batu, bekerja sama dengan Pemkot Batu, tujuannya untuk memantau apa yang sedang terjadi di Kota Batu, kami lakukan semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Batu, dan ini juga merupakan kado persembahan terbaik dari Polres Batu kepada kepolisian yang kita cintai atas dedikasi dan penghormatan kami Polres Batu kepada Polri Dirgahayu Bhayangkara ke 72” ungkap Buher dalam sambutannya.

Selain itu Buher yang juga mantan kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya itu juga mengucapan terimakasihnya kepada Kapolda Jatim yang telah menginspirasi, Deputi Kemen PAN RB, Walikota Batu dan para undangan yang juga hadir dalam acara tersebut.

“Sebelum sambutan ini tidak pantas jika saya tidak mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolda atas inspirasi Bapak sebagai Kapolda Jawa Timur melakukan pembangunan pembangunan di wilayah Jawa Timur di Polda Jawa Timur khususnya dan masjid terbaik yang dimiliki Polda seluruh Indonesia ada di Jawa Timur atas program-program yang Bapak lakukan, disini memacu dan memotivasi kami yang ada di pos batu, terima kasih Ibu Deputi atas bimbingan selama ini kami mencoba untuk tetap lebih baik lebih profesional modern dan terpercaya, terima kasih Ibu Dewanti atas aplikasi ini Polres Batu bisa memiliki aplikasi atau sumbangsih dari pemerintah kota Batu dan para hadirin sekalian tokoh agama tokoh pemuda yang ada termasuk saya ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada KPU atas pelaksanaan pesta demokrasi tanggal 27 kemarin berjalan aman tertib dan lancar, kami mencoba melakukan apa yang terbaik demi pengabdian kepada negara ini sebagaimana semboyan para simpatik bekerja dengan hati nurani guna menuju polri yang promoter,” pungkasnya.

Walikota Batu Dra hj Dewanti Rumpoko M.Si., juga merasa bangga sekaligus berharap kerjasama ini semakin di tingkatkan.

“Saya sangat bangga dan berterima kasih dan saya berharap kerjasama ini semakin hari akan semakin ditingkatkan agar supaya tidak ada lagi kata saya pejabat saya polisi, tetapi sama-sama bertanggung jawab untuk mengamalkan dan mengamankan kehidupan di Kota Wisata Batu ini sekali lagi terima kasih,” sambut Dewanti Rumpoko yang biasa di panggil Bude ini.

Sementara itu Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Prof Dr, Diah Natalisa MBA, juga mengapresiasi inovasi pelayanan publik Polres Batu.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Bhayangkara Alhamdulillah hari kemarin sudah merayakan hari jadinya yang ke 72 jadi kami ucapkan dirgahayu Bhayangkara Jayalah selalu Polisi dan tetap berada di hati rakyat dan menjadi pengayom masyarakat yang dicintai oleh masyarakat Indonesia dan pada hari ini kami juga diberikan kesempatan tadi untuk menyaksikan beberapa inovasi pelayanan publik khususnya yang berasal dari Polres Batu, cukup banyak tidak hanya satu kalau pun tadi yang di kita sempat lihat adalah inovasinya yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi, kami menyampaikan apresiasi kepada pihak Polres Batu yang hari ini Alhamdulillah Menurut kami menunjukkan upaya-upaya yang terbaiknya dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat tapi tentunya kepada Polda Jawa Timur yang tak henti-hentinya ada suatu inovasi adanya suatu kompetisi, di mana semua jajaran di Polda Jawa Timur ini berlomba-lomba ingin memberikan yang terbaik, sebuah upaya yang sangat sangat luar biasa terobosan-terobosan luar biasa yang menginspirasi tidak hanya jajaran di Polda Jawa Timur ini tapi juga menginspirasi kepada seluruh jajaran Polri di Indonesia,” sambutnya bangga.

Di tempat yang sama Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Mahfud Arifin S.H., yang juga memberikan sambutannya mengatakan bahwa APEL BATU ini sangat bagus harus terus berkelanjutan dan bisa di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat

“Kami mengapresiasi apa yang sudah di luncurkan Pak Kapolres dengan meresmikan aplikasi pelayanan APEL BATU kita sudah lihat profil nya, yang paling penting Aplikasi Kapolres batu ini harus berkelanjutan jangka panjang, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, masyarakat harus tahu aplikasi ini harus disosialisasikan, paling bijak para Kapolsek diberikan target memberikan pemahaman untuk mendownload aplikasi APEL BATU, paling tidak semua anggota Polri keluarga besar kemudian masyarakat untuk bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah dibangun, sayang kalau misalnya aplikasi bagus tapi masyarakat kurang banyak menggunakan ya percuma saja,” tuturnya.

Ia juga menekankan pentingnya mempersiapkan program Kapolri untuk mengawal Pileg dan Pilpres 2018-2019 mendatang.

“Agenda penting lain yang harus kita sama-sama kawal sesuai dengan program Pak Kapolri semangat promoter untuk mengawal program kabinet 2018-2019 yaitu khusus menghadapi Pileg dan Pilpres itu yang harus kita lakukan Persiapan,” lanjutnya.

“Kami berharap pemerintah daerah juga ikut support dengan membuat command center seperti halnya yang ada di Surabaya sehingga polisi tidak terlalu banyak memasang CCTV tinggal kita menarik dari Pemkot ke kepolisian dalam rangka untuk kepentingan keamanan,” tutupnya. (Gus/Er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here