KPU Jatim Presentasikan Kesiapan Pelaksanaan Pilgub Jatim

Sidoarjo, panjinasional.net
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk kalangan wartawan di Hotel Premier Place, Jalan Raya Juanda Sidaorjo. Bimtek yang digelar selama dua hari tersebut, Jum’at dan Sabtu (8 – 9 Juni) tersebut dalam rangka untuk memberikan informasi yang utuh terkait seluruh tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Bimtek Media dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito dan dihadiri oleh seluruh komisioner, yakni Gogot Cahyo Baskoro (Divisi SDM dan Parmas), Choirul Anam (Divisi Perencanaan dan Data), Muhammad Arbayanto (Divisi Teknis), Dewita Hayu Shinta (Divisi Keuangan Umum dan Logitik), serta Eberta Kawima (Sekretaris).

Dipandu oleh Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Eberta Kawima selaku moderator, seluruh komisioner memaparkan persiapan masing-masing tahapan dalam Pilgub Jatim 2018. Ketua KPU Provinsi Jawa Timur yang sekaligus Devisi Hukum, memaparkan terkait tahapan yang sudah dijalankan, salah satunya dana kampanye dari kedua pasangan calon (Paslon).

“Nanti untuk dana kampanye akan ada tahapan sendiri yakni berupa audit dan itu melibatkan tenaga audit dari luar yang profesional,” ujarnya.
Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro memaparkan tahapan yang saat ini sudah dijalankan, yakni tahap kampanye. Beberapa di antaranya dalam waktu dekat akan melakukan debat publik yang terakhir, serta juga sudah terlaksananya tahapan iklan sosialisasi dan kampanye di beberapa media massa.

“Tahapan kampanye paslon nantinya terakhir 23 Juni, dilanjut dengan minggu tenang menjelang masa pencoblosan,” terangnya.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam menjelaskan, untuk tahapan pendaftaran pemilih sudah selesai dan akan dilanjut dengan pendataan tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk masalah TPS, yang saat ini menjadi pertanyaan yakni terkait pemilih dengan konflik sosial asal Kabupaten Sampang yang saat ini berada di pengungsian Jemundo Sidoarjo.

“Untuk pemilih asal Sampang yang ada di pengungsian Jemundo Sidoarjo sudah selesai. Mereka nantinya akan memilih di TPS tempat pengungsian itu, jadi tidak perlu pulang ke Sampang,” tegasnya.
Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur Muhammad Arbayanto lebih memaparkan pada persoalan persiapan pemungutan suara dan penghitungan suara (Pungsura Tungsura). Pihaknya yang berkoordinasi dengan jajaran KPU Kabupaten/Kota sudah melakukan simulasi terkait Pungsura Tungsura tersebut.

“Secara umum untuk pemungutan suara 27 Juni nanti sudah siap, kami juga melakukan simulasi hingga ke beberapa titik untuk kesiapan pungut dan hitung suara,” terangnya.
Sementara itu, Divisi Keuangan Umum dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur Dewita Hayu Shinta menambahkan untuk persiapalan logistic sudah memasuki tahap pelipatan surat suara di KPU Kabupaten/Kota. Terkait kalau ada surat suara yang rusak, tentu nantinya akan mendapat ganti surat suara yang baru.

“Jumlah surat suara yang rusak masih belum direkap, jadi totalnya belum tahu pasti. Cuma nanti akan kami ganti kalau ada surat suara yang rusak,” pungkasnya…@sumberkpujatim/gtt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here