Foto : Kapolres dan Bupati Gresik saat mengecek kesiapan pasukan pengamanan lebaran
Foto : Kapolres dan Bupati Gresik saat mengecek kesiapan pasukan pengamanan lebaran

GRESIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bakal bekerjasama dan meningkatkan sinergitas dengan anggota TNI-Polri serta stake holder terkait dalam rangka pengamanan saat hari raya Idul Fitri 1439 H melalui Operasi Ketupat Semeru yang akan dilaksanakan mulai tanggal 7 hingga 24 Mei 2018 yang digagas oleh Polres Gresik.

Setidaknya, 300 personel gabungan dari anggota TNI-Polri bersama jajaran Pemkab Gresik dan stake holder terkait bakal disiagakan di 10 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan di wilayah Kabupaten Gresik.

Dimulainya Operasi ini ditandai dengan apel gelar pasukan yang diikuti seluruh personel gabungan yang bertugas menjaga keamanan selama lebaran. Apel tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Gresik yang dipimpin langsung oleh Kapolres Gresik AKBP. Wahyu Sri Bintoro, Rabu (06/06/2018).

Nampak hadir dalam pelaksanaan apel gelar pasukan tersebut Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Raduianto, Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim, Sekda Gresik Drs. Kng. Djoko Sulistio Hadi, Perwakilan Kodim 0817 Gresik Kapt. Inf. Asrul, sejumlah unsur Forkopimda serta para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Gresik.

“Untuk memaksimalkan fungsi serta antisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Gresik terutama saat lebaran, kami bekerjasama dengan unsur TNI dan stake holder yang terkait. Hari ini kami gelar pasukan untuk melihat kesiapan para personel,” kata Kapolres Gresik.

Menurut Bupati Sambari, pihaknya menyambut baik langkah Polri, dalam hal ini jajaran Polres Gresik yang bersinergi dan bekerjasama dengan Pemkab Gresik untuk menjaga keamanan dan mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Gresik, terutama saat lebaran berlangsung.

Bupati Sambari menghimbau kepada masyarakat yang tidak melaksanakan mudik lebaran untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap aman dan mencegah gangguan kamtibmas yang rawan terjadi di lingkungan sekitar.

“Mari kita jaga bersama lingkungan sekitar disaat tetangga kita tengah melaksanakan mudik. Jika mendapati adanya gangguan kamtibmas, segera laporkan kepada pihak yang berwenang,” pesan Bupati Sambari.

Bupati berharap Gabungan personel ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur lebaran. “Ini bukan komitmen Pemkab Gresik saja, tetapi komitmen bersama bahwa kita ingin pelaksnaan Idul Fitri ini tercipta suasana aman dan damai di kabupaten kita.” harap Bupati.

Selain itu, Pemkab Gresik bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi juga menyiapkan armada untuk mudik bagi warga Gresik yang akan melaksanakan mudik secara gratis.

“Kami siapkan armada sesuai dengan jumlah pendaftar yang diterima oleh Dishub Gresik,” kata Bupati. (Shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here