Malang, Panjinasional :
Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Malang, mengadakan buka puasa bersama, sekaligus juga memberikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Dr. Mohammad Zaini, MM dan para pejabat beserta staf, para tamu undangan, perwakilan anak yatim dan dhuafa. Dikemas dengan kesederhanaan, acara tersebut bertempat di Masjid Al-Muttaqin, Komplek Lingkungan Kantor Kementerian Agama, Jalan Raden Panji Suroso, No 2 Kota Malang, Kamis (31/5/18).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Dr. H. Mohammad Zaini, MM mengatakan, bahwa pada acara ini juga memberikan 213 bingkisan santunan, yakni berupa uang tunai sebesar Rp.500.000,- kepada sebanyak 60 anak yatim dan 153 kaum dhuafa.

“Ya, kegiatan ini dilakukan, agar momentum di bulan suci ramadhan kali ini bisa dimanfaatkan untuk mengasah jiwa sosial, serta meningkatkan amal soleh dengan membantu dan meringankan beban antara sesama. Selain itu, kegiatan ini supaya membangkitkan kesadaran saling berbagi. Ini juga dimaksudkan, agar tidak tergolong kepada orang yang mendustakan agama seperti yang sudah dijelaskan dalam (Q.S.Al-Ma’un:1-3), karena sesungguhnya, dalam rizki kita juga sebagian terdapat hak anak yatim dan fakir miskin, oleh karenanya berderma atau bersedekah itu bisa mempererat ikatan tali persaudaraan, yang sekaligus mencari ridha Allah SWT,” kata Mohammad Zaini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia pelaksana Kemenag Kota Malang, Drs. H. Mohammad Rosyad, M.Si. juga menjelaskan, diberikanya santunan berupa uang tunai, karena alasannya uang dianggap lebih fleksibel dalam pemanfaatanya untuk mencukupi kebutuhan dibandingkan dengan kalau diberikan berupa barang, apalagi menjelang hari raya seperti ini.

“Kegiatan ini dikemas sederhana sekali, karena panitia lebih menfokuskan dan memaksimalkan santunannya, namun acara tersebut tetap terlaksana meriah penuh dengan keakraban, yang mana sekaligus juga sebagai wanaha untuk mempererat tali kekeluargaan antara ASN Kantor Kementerian Agama Kota Malang,” terang mantan Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Batu ini. (Gus Er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here