Batu, Panjinasional :
BPK Jawa Timur pada Jumat 25/05/2018 mengumumkan pemberian opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), salah satunya adalah terhadap Pemerintah Kota Batu.
Opini BPK yang berdasarkan pada laporan keuangan, kelengkapan bukti, pengendalian intern, serta penyusunan harus sesuai undang-undang.

Menurut MCW (Malang Corroption Watch) selaku organisasi Masyarakat sipil di Malang, Penyematan Opini WTP BPK terhadap Kota Batu bukanlah jaminan terhadap bersihnya penyelenggaraan pemerintahan di Pemkot Batu. Seperti dua tahun yang lalu, Kota Batu juga mendapatkan opini WTP, namun kenyataanya KPK mendapat temuan praktik korupsi terhadap mantan Walikota Batu Edy Rumpoko.

Atas pemberian opini WTP terhadap Kota Batu, MCW menyoroti tentang lemahnya sistem pengendalian internal Pemkot Batu yang di nilai buruk dalam pengelolaan keuangan daerah.

Bayu Diktiarsa Kepala Riset Badan Pekerja MCW mengatakan “kita melakukan permohonan informasi terkait laporan hasik pemeriksaan BPK pada Tahun ini, yang tentu itu merupakan laporan hasil pengesahan tahun 2016, hal itu rutin kami lakukan karena di BPK ada buku tiga dan buku dua yang menyangkut beberapa temuan, yakni sistem pengendalian Internal dan kerugian Negara di Kota Batu, yang kedua mendesak BPK untuk meninjau kembali, karena menurut catatan MCW Kota Batu tidak layak mendapatkan opini WTP, jadi ada tiga status di BPK, yang pertama wajar tanpa pengecualian, wajar dengan pengecualian dan tidak memberikan keterangan (Diaclaimer)”.

Dia juga menambahkan bahwasannya status opini WTP itu di isyaratkan sebagai keberhasilan, setiap proses keberhasilan itu ada potensi kecurangan, pelanggaran di dalamnya, misalkan BPK pernah mendapatkan kasus suap pemberian opini yang di sidik oleh KPK beberapa Tahun yang lalu.

“Nah menurut kami, sebenarnya di Kota Batu tidak layak mendapatkan opini WTP, lalu kita akan coba menanyakan ke BPK terkait mengapa Kota Batu di berikan WTP, termasuk Kota Malang yang mendapatkan opini WDP, padahal statusnya sama pernah terjadi kasus korupsi”,tutupnya.(Gus Er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here