Surabaya, Panjinasional.net
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur melaksanakan rapat pleno terbuka di aula lantai 2 setempat, Senin (28/5). Rapat pleno membahasa pencantuman nomor awal sampel dukungan perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) peserta Pemilu 2019 Provinsi Jawa Timur.

Rakor terbuka bersama LO dari bakal calon DPD RI tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito beserta jajaran komisioner yang lain. Hadir sebanyak 30 orang LO yang diutus dan mendapat mandat dari bakal calon DPD RI, untuk menerima sample dukungan yang diberikan oleh KPU Provinsi Jawa Timur.

Hadir juga dalam acara rapat pleno terbuka, perwakilan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur dan kalangan wartawan dari media cetak, elektronik televise, radio dan online.

Divisi Hukum yang sekaligus Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito menyatakan, hasil dari pencantuman nomor awal sampel dukungan calon DPD peserta Pemilu 2019 tersebut akan diserahkan kepada KPU Kabupaten/Kota. Selanjutnya, akan dilakukan sensus atau verifikasi faktual.

Dia menjelaskan, dalam proses pensensusan dan verifikasi faktual tersebut KPU Kabupaten/Kota tetap akan berkordinasi dengan pihak bakal calon tau LO yang ditunjuk. Setidaknya ketika mengalami kendala dilapangan seperti kesulitan menemukan orang saat verifikasi factual, akan ada solusi dan diberi kemudahan.

“Prinsipnya dalam verifikasi factual akan berkoordinasi dengan bakal calon melalui LO-nya. Itu demi kemudahan bersama,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Eko ini menambahkan, verifikasi factual sendiri dilakukan berdasarkan bukti dukungan berupa foto kopi KTP dari yang terkait. Cara verifikasi factual sendiri dengan meminta kepada calon/LO untuk menghadirkan orang yang memberikan dookumen dukungan tersebut.

“Bila yang bersangkutan belum dapat ditemukan dan dihadirkan, maka syarat dukungan tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat atau tidak sah,” pungkasnya. (kpujatim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here