Sumenep, Panjinasional.net :
Launcing sistim absensi pegawai (SIAGA) online dan Smart ID Card bagi ASN yang di gelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, di pendopo Agung Karaton Sumenep.

Launcing yang di gelar pada hari Jum’at (11/05) dihadiri langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN-RI) Dr. Ir. Bima Haria Wibisana. M.Si, dan ikut hadir pula dalam acara tersebut Bupati Sumenep Dr KH A Busyro Karim, M.Si, beserta OPD Se-Kabupaten Sumenep.

Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Sumenep sesuai data yang ada sampai bulan April 2018 sebanyak 9423 orang dengan rincian (66 persen laki-laki) dan 3.159 orang (24 persen perempuan) papar Bupati Sumenep dalam sambutannya.

“Kabupaten Sumenep yang terdiri dari 126 kepulauan sehingga tingkat kendala sangat tinggi seperti kendala Giografis, Klimatologis dan Sosiologis juga Teknis, yang mana dari total PNS di kabupaten Sumenep sekitar 1840 orang bertugas di kepulauan yang mana 77 persen jabatan fungsional seperti Guru dan petugas kesehatan, sehingga pengembangan pengawasan PNS yang berada di kepulauan sangat terkendala”, ungkap Busyro.

Dari ketiga kendala tersebut sangat tidak memungkinkan karena daya tempuh dari Kabupaten Sumenep ke kepulauan bisa mencapai 21 jam bahkan kendala cuaca atau iklim yang sering kali tidak menentu, dan kendala yang ke tiga yaitu budaya kerja, pengawasan dan pengendalian juga online.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep sudah melakukan pemasangan mesin absensi di 49 OPD yang ada di Daratan dan 7 di wilayah kepulauan, pelaksanaan tersebut mulai April tahun 2017”, jelasnya.

Bupati dua periode ini berharap dengan pelaksanaan sistem absensi online ini bisa meningkatkan kedisiplinan semua pegawai negeri yang ada di kabupaten Sumenep.

“Dengan penerapan Smart ID Card. sebagai instrumen peningkatan disiplin aparatur, meningkatkan kemudahan akses dan pelayanan administrasi kepegawaian, yang dipadukan dengan fungsi perbankan”, imbuhnya

Selama ini Smart ID Card hanya sebagai tanda pengenal, tetapi smart ID Card di sumenep multi fungsi yakni sebagai profil data dan layanan administrasi kepegawaian PNS, absensi, serta fungsi perbankan

Semua kepentingan terkait dengan pencairan tunjangan kinerja pegawai negeri sipil (PNS) akan di mulai tahun 2019 dengan sistem ATM, discon Card dan e-money, hal tersebut akan bekerja sama dengan Bank jatim untuk daerah daratan dan Bank BRI untuk kepulauan.@ (ain/qib/dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here