Surabaya, Panjinasional.net :
Tahapan penyerahan syarat dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sudah usai. Hasilnya ada sebanyak 34 bakal calon yang diterima syarat dukungannya, karena dinilai memenuhi ketentuan yang ada dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2018.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam menyatakan, jumlah total bakal calon yang sudah mengirim formulir melalui server (submit) ada sebanyak 43 orang. Dari jumlah 43 orang tersebut, ternyata sebanyak 38 bakal calon yang melampirkan dan menyatakan syarat dukungan.

Hingga batas akhir masa penyerahan dokumen dukungan syarat calon. Anam menerangkan, dari 39 orang tersebut setelah dikoreksi ternyata ada sebanyak 34 orang bakal calon yang memenuhi syarat. Sedangkan, sisanya sebanyak 5 orang bakal calon ditolak karena dokumen yang disetorkan tidak memenuhi ketentuan dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2018.

“Jadi ada sebanyak 34 bakal calon yang sudah menyerahkan berkas dukungan dan diterima karena sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Anam ini menjelaskan, selanjutnya dari 34 bakal calon anggota DPD yang sudah menyerahkan dukungan dan telah diterima itu akan menjalani masa verifikasi administrasi dan faktual. Tahapan berikutnya itu penting, karena menurutnya, verifikasi dilakukan guna mengetahui sebaran dukungan dari masing-masing bakal calon.

“Verifikasi administrasi akan dilakukan oleh KPU Provinsi, sedangkan untuk verifikasi faktual sesuai aturan akan dilakukan oleh KPU Kabupaten/ Kota,” ucapnya..@kpu/jtm/red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here