KPU Jatim Memberikan Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2018 (Jum’at, 20/4/2018)

Surabaya, panjinasional.net :
Pasca ditetapkan Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2018 terkait Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) tanggal 12 April 2018, KPU Jatim merasa penting untuk memberikan sosialisasi kepada calon peserta/ anggota DPD. Bertempat di hotel Yello, jalan Jemursari Nomor 176 Surabaya, hari Jum’at, tanggal 20 April 2018, jam 7 malam sosialisasi ini dilangsungkan.

Ketua KPU Jatim, sekaligus Divisi Hukum KPU Jatim, Eko Sasmito mengungkapkan sosialisasi ini penting diberikan pasca diundangkannya Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2018 karena ingin menegaskan kembali mengenai pencalonan perseorangan/ DPD. “Selain itu, yang hadir pada malam ini sebagian belum mengikuti sosialisasi yang diadakan KPU Jatim sebelumnya (2/4). Sehingga dengan diadakan sosialisasi kali ini harapannya dapat memberikan informasi yang lebih merata,” ungkapnya (20/4/2018).

Eko melanjutkan, “Di sisi lain, sosialisasi ini juga untuk menyampaikan perubahan-perubahan yang ada pada Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2018, dari apa yang telah disampaikan pada sosialisasi sebelumnya. Meskipun secara substansial tidak ada yang berubah”.

Berikutnya Eko memberikan ulasan serta mereview kembali diantaranya mengenai ketentuan umum pencalonan perseorangan (DPD), jenis-jenis peserta pemilu, persyaratan dukungan pemilih, penyerahan dukungan, pemeriksaan dokumen dukungan, perbaikan hasil dukungan administrasi, penelitan administrasi hasil perbaikan, penentuan sampel, verifikasi faktual, rekapitulasi hasil verifikasi faktual, dukungan perbaikan kedua setelah verifikasi faktual, penelitian dukungan perbaikan kedua setelah verifikasi faktual, penentuan sampel hasil penelitian administrasi dukungan perbaikan kedua, dan sebagainya.

Eko mempertegas kembali jika pendaftaran calon anggota DPD akan mulai dibuka pada hari Minggu, 22 April 2018 sampai dengan hari Kamis, 26 April 2018. Pada tanggal 22 s.d 25 April 2018 dibuka dari pukul 08.00-16.00 WIB. Lalu di hari terakhir, tanggal 26 April 2018 dari pukul 08.00-24.00 WIB. “Meski dihari terakhir sampai pukul 24.00 WIB, harapan Kami, Bapak dan Ibu calon peserta DPD ini tidak mendaftar terlalu mepet, misalnya 5 menit sebelum ditutup, karena ini akan merugikan Bapak/ Ibu sendiri bila ada kekurangan. Kami, KPU Jatim juga siap membantu Bapak/ Ibu jika terdapat kendala, melalui help desk yang telah disiapkan,” jelas Ketua KPU Jatim ini.

Hadir pula dalam sosialisasi selain calon peserta DPD, yakni LO, operator, NGO/ LSM, OKP, dan Ormas. Kegiatan sosialisasi ini diakhiri pada jam 10 malam.. .@kpu/Gtt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here