Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam Makan Bersama dengan Tamu Undangan dan Peserta, Usai Pelaksanaan Apel Sinergitas 3 Pilar (Jum’at, 20/4/2018)

Surabaya, panjinasional.net :
Apel Sinergitas 3 Pilar merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018 yang guyub rukun. Demikian inti sambutan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo yang didaulat sebagai Pimpinan Apel yang diadakan oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim).

Apel Sinergitas 3 Pilar dimulai pada pukul 06.30 WIB, dengan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, KPU Jatim serta Bawaslu Jatim. Sedangkan peserta terdiri dari unsur TNI, Polri dan Lurah se-Jawa Timur.

Pimpinan Apel, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyampaikan bahwa Jawa Timur sebagai barometer stabilitas keamanan di Indonesia harus mampu menunjukkan bahwa Jawa Timur selalu kondusif dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 maupun pelaksanaan Pemilu Nasional Tahun 2019. “Kegiatan Apel Sinergitas 3 Pilar ini merupakan gagasan yang luar biasa dari Kapolda Jatim, dan harus dicontoh oleh daerah lain di Indonesia. Karena kegiatan semacam ini, sepertinya baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia,” tutur Soekarwo (20/4/2018).

Soekarwo melanjutkan, setidaknya di Jawa Timur sampai sekarang tidak memiliki kultur atau kebudayaan konflik. “Jawa Timur terkenal dengan budaya damai dan guyub rukun. Sehingga wajib hukumnya Kita senantiasa terus menjaga keguyuban warga dan masyarakat Jawa Timur dalam pelaksanaan Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019 kedepan,” jelasnya.

Senada dengan yang disampaikan Pimpinan Apel, Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam mengungkapkan jika sinergitas antar semua kelompok, baik di tingkat provinsi maupun sampai pada tingkat paling bawah merupakan modal awal dalam menjaga pelaksanaan Pilgub Jatim yang Guyub Rukun. “KPU Jatim beserta seluruh jajarannya, saat ini juga melakukan hal yang sama, yaitu bersinergi dengan Bawaslu Jatim beserta Jajarannya. KPU dan Bawaslu harus senantiasa bersinergi dengan cara sesering mungkin melakukan rapat koordinasi agar sekecil apapun masalah yang ada tidak sampai membesar dan bisa diselesaikan di level bawah,” papar Anam.

Dalam rangkaian Apel Sinergitas 3 Pilar untuk pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018 ini pun dilengkapi dengan penandatanganan Nota Kesepakatan/ Pedoman Kerja Sama antara TNI, Polri dan Pemerintah yang diwakili Lurah. Penandatanganan Nota Kesepakatan ini sebagai bentuk komitmen untuk menjaga dan menjamin keamanan serta kedamaian masyarakat dalam menghadapi tahun-tahun politik.

Usai pelaksanaan Apel sinergitas 3 Pilar, seluruh peserta beserta Gubernur, Kapolda dan Pangdam V Brawijaya, KPU dan Bawaslu Jatim makan bersama di lapangan upacara..@kpu/Gtt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here