Rakor terkait Desain Surat Suara pada Pilgub Jatim Tahun 2018

Surabaya, panjinasional.net :
Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) mengadakan rapat koordinasi lanjutan terkait desain surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018. Rapat koordinasi (rakor) yang bertempat di ruang Media Center, dipimpin langsung oleh Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam.

Selain dihadiri oleh tim pemenangan dari kedua pasangan calon (Paslon), rakor ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Jatim, Muhammad Amin, dan Kasubdit 1 Intelkam Polda Jatim, AKBP Asmoro.

Dalam pengantar dan arahannya, Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam menyatakan rapat koordinasi lanjutan ini diadakan agar ada kesepakatan bersama, terutama terkait tentang desain surat suara Pilgub Jatim. Tentunya, dengan mematuhi aturan-aturan yang ada dalam Surat Keputusan (SK) KPU RI Nomor 43 Tahun 2018 tentang desain surat suara.

“Koordinasi seperti sekarang ini Saya rasa penting, agar tidak terjadi salah persepsi yang berkaitan dengan surat suara. Bila ada masukan, silahkan saja sampaikan sebelum nanti naik cetak,” ujarnya.

Adapun hasil rapat koordinasi desain surat suara Pilgub Jawa Timur, mendapat tanggapan dan masukan dari kedua paslon. Tim pemenangan Paslon nomor 1 yang diwakili M. Roziki, mengusulkan adanya perubahan nama pada Calon Wakil Gubernur (Cawagub). Adapun perubahan yang diusulkan, yakni menambahkan nama Dardak di desain surat suara.

Hal yang sama juga disampaikan oleh perwakilan tim pemenangan dari paslon nomor 2, Yordan. Dia juga mengusulkan adanya perubahan nama pada cawagub, yakni dengan menambahkan gelar Hajah (Hj) dan Sarjana Pendidikan (S.Pd). Perubahan itu penting, karena dalam desain surat suara sebelumnya masih belum ada.

Terkait usulan penambahan nama dan gelar tersebut, kedua tim pemenangan paslon sudah melampirkan surat dan dokumen pendukung sebagai dasar pengusulan. Harapannya, dengan dokumen pendukung yang sudah disampaikan akan bisa disepakati dan segera dilanjut dengan tahapan cetak surat suara.

Menanggapi hal tersebut. Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam mengatakan akan segera menindaklanjuti dengan mengadakan rapat internal. Dalam rapat internal bersama Bawaslu Jatim nantinya, terkait usulan dari kedua Paslon tersebut akan diteruskan ke KPU RI sebagai pemegang keputusan tertinggi.

“KPU Jatim dan Bawaslu akan melaksanakan rapat internal, nanti akan dijadikan keputusan selanjutnya terkait dengan desain surat suara agar bisa segera dicetak oleh percetakan,” ucapnya..@gtt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here