Dari kiri, Asroin (DPRD Fraksi Golkar), Nur hamim (Ketua DPD Golkar Gresik), H. Laksono (Dirjen KLHK) , Eni Maulani (Komisi VII DPR RI) dan H. Sholeh (Peternak). Usai penandatangan bukti penyerahan bantuan.
Dari kiri, Asroin (DPRD Fraksi Golkar), Nur hamim (Ketua DPD Golkar Gresik), H. Laksono (Dirjen KLHK) , Eni Maulani (Komisi VII DPR RI) dan H. Sholeh (Peternak). Usai penandatangan bukti penyerahan bantuan.

Gresik Panjinasional.net :
Sebagai bentuk komitmen kepedulian lingkungan, anggota Komisi VII DPR RI Hj. Eni Maulani Saragih bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan bantuan mesin pengolohan limbah ternak (Digester Ternak) senilai 1 milyar kepada peternak wilayah Kecamatan Panceng yang diwakili oleh H.Sholeh dari Desa Campurrejo, kamis (1/3/18). Terlihat hadir dalam penyerahan itu, Ketua DPD Golkar Gresik H.Ahmad Nurahim, anggota FPG DPRD Gresik Asroin Widiyana, dan perwakilan Direktorat Jenderal Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK H. Laksono.

Eni Maulani menekankan akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dari pencemaran yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan kewajiban masyarakat itu sendiri untuk menjaga dan melindungi lingkungannya.

“Apabila sektor lingkungan dan kehutanan rusak terutama sumber sumber air tercemar, maka yang akan kena dampak kerugian secara langsung adalah masyarakat itu sendiri ” Tegasnya.

Tahap awal bantuan akan berupa peninjauan dan pembangunan Digester Instalasi Pembangunan Air Limbah (IPAL) Ternak oleh Dirjen KLHK. Selanjutnya, IPAL akan menghasilkan Bio Gas dari hasil pengolahan Biodgester kotoran sapi. Setelah itu, Bio Gas sendiri bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari masyarakat seperti memasak dan penerangan.

“Akan bagus diterapkan para peternak bersama keluarga untuk memasak sebagai pengganti LPG. Tidak hanya itu, tetangga sekitar juga akan merasakan pemanfaatan gas, karena nantinya akan dibangun instalasi ke rumah rumah yang letaknya tidak berjauhan dari lokasi pengolahan IPAL Ternak ini ” terang ketua DPP Bid. Energi Golkar ini

Lanjut Eni kembali menjelaskan, di Kab. gresik, akan ada 8 peternak sapi yang akan dibantu yang berasal dari kec. Panceng, menganti, dukun dan wringinanom. Keinginannya untuk terus membantu masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahtraan dan potensi yang dapat terus digali.

“Sebagai wakil rakyat dapil Gresik dan Lamongan, saya akan terus membantu dan mendengarkan aspirasi masyarakat. dan ini akan menjadi komitmen saya dalam membangun dapil saya” pungkas PP Muslimat Bidang Ekonomi ini.

Sementara itu, H. Laksono dari Dirjen KLHK menyatakan, bantuan KLHK diusahakan bagi usaha kecil. Tahun ini yang dibantu adalah pembuatan Digister Ternak, Menurut dia, Digester Ternak sangat membantu masyarakat peternak untuk memanfaatkan kotoran hewan agar tidak mencemari lingkungan, dengan cara dibuat menjadi bio gas.

“Caranya sendiri sangat mudah, kotoran ternak dimasukkan dalam alat digester. Kemudian, alat ini mengelola kotoran yang akan menghasilkan gas. Gas sendiri bisa terbentuk kalau rajin memasukkan kotoran ke reaktor. Sehingga, gas lama akan terdorong dengan limbah baru maka gas akan terus ada,” terangnya. (Yit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here