Surabaya (28/2) – Usai Merealisasikan peluncuran aplikasi mobile, Home Terminal awal Februari di Jakarta, kini Pelindo III mensosialisasikan kepada pengguna jasanya di Surabaya. Sedikitnya 50 perusahaan dari pelaku usaha yang berbeda seperti perusahaan dan agen pelayaran, cargo owner, perusahaan bongkar muat (PBM), freight forwarder, organda, pengelola depo dan ekspedisi muatan kapal laut (EMKL) mengikuti acara sosialisasi dengan tema Sosialisasi Aplikasi Home Terminal dan Supply Chain Financing yang diselenggarakan oleh Pelindo III bekerjasama dengan BNI di Grand Varuna Convex Rabu (28/2) lalu.

Disampaikan CEO Regional Jawa Timur Pelindo III, Onny Djayus saat membuka sosialisasi tersebut mengatakan bahwa, tentunya kami sebagai operator pelabuhan harus mengenalkan kepada pelanggan kami, karena aplikasi ini terintegrasi dengan sistem operasi terminal. Ada empat fitur layanan pada aplikasi ini yaitu vessel service, port activities, logistic dan container management. Keempat fitur tersebut memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara real-time.

Lebih lanjut Onny Djayus menambahkan, untuk tahap awal, Home Terminal hanya dapat digunakan untuk menyediakan pelayanan kapal/vessel service meliputi pemanduan, penundaan, penyandaran kapal, pengisian bahan bakar, pengisian air bersih, jasa tambat, port clearance, penampungan limbah, daya kelistrikan dan crew transfer.

“Aplikasi Home Terminal baru dapat digunakan di Terminal Petikemas Surabaya dan Terminal Teluk Lamong pada tahap awal. Dan pada tahap berikutnya (Maret 2018), implementasi HTS dilakukan di seluruh terminal di Pelabuhan Tanjung Perak,” imbuhnya.

Salah satu peserta sosialisasi, Makhroni Hidayat dari Petro Oxo Nusantara Gresik menyambut baik adanya aplikasi baru ini karena membuat lebih mudah untuk mengakses semua informasi yang terkait dengan bongkar muat di pelabuhan khususnya seperti yang biasa kami handle yaitu curah cair sehingga efektivitas dan waktu pekerjaan itu bisa kita lakukan.

“Kami berharap dengan adanya penggunaaan aplikasi Home Terminal ini peningkatan layanan di pelabuhan akan jauh lebih baik dan lebih cepat,” tandas Hidayat.

Sementara itu, Erry Akbar Panggabean Senior Vice President Marketing Pelindo III menjelaskan bahwa Home Terminal merupakan salah satu inovasi layanan yang dibuat Pelindo III untuk mempercepat dan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan. Pengguna jasa pun dapat memesan berbagai jasa kepelabuhanan, cukup melalui aplikasi smartphone.

“Aplikasi Home Terminal dihadirkan sebagai nilai tambah layanan Pelindo III yang manfaatnya bisa langsung dirasakan. Selain untuk media marketing dan informasi ke pelanggan dan pasar/marketplace sekaligus juga menjadi implementasi model pemasaran yang mengutamakan kebutuhan pelanggan/customer-based..@humas/gtt/red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here