Salah satu produk patung macan dari Indrustri Batu Onix Bawean

Macam macam produk olahan batu onyx khas Bawean

Gresik www.panjinasional.net :
Adanya pengerajin batu onyx atau marmer di Gresik Jawa Timur, selama ini masih belum banyak diketahui. Seperti Industri di Dusun Sidorukun, Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu ini, yang bergerak dibidang pengolahan batu onyx Bawean. Industri ini adalah satu-satunya dan terbesar di Gresik yang bergerak di bidang pengolahan batu onix dan marmer. Sedang untuk bahan bakunya banyak didatangkan dari Pulau Bawean karena kwalitasnya lebih bagus dari tempat lain.

“Selama ini masyarakat Jawa Timur itu, kalau berpikir soal batu selalu melihatnya ke Tulungagung. Padahal di Gresik juga sudah ada ” Ujar Supardi (40) selaku Marketing PT. Mahsun Jaya Onyx Bawean.

PT. Mahsun Jaya Onyk Bawean sendiri sudah bergerak di bidang pengolahan batu onyx sejak tahun 2015. Banyak produk-produk yang sudah dihasilkan, mulai dari lantai marmer, dinding, pilar, guci, patung yang berbentuk hewan sampai accecories.

“Untuk produk, kami juga melayani untuk kegiatan monumental seperti prasasti. Dan kami juga memasok di beberapa Kabupaten seperti Tuban, Jombang, Lamongan, Madura dan Surabaya ” Tambahnya, sabtu (03/02/18).

Harga barang pun sangat berfariatif mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 20 juta. Itupun tergantung bentuk, kualitas, dan tingkat kesulitan proses pembuatan. Meski begitu, Industri kerajinan batu onyx di Kota Pudak ini masih memiliki banyak kendala di pemasaran. Karena masyarakat masih berpikir pengerajin batu onyx adanya cuma di Tulungagung.

Salah satu pembeli yang datang saat itu mengatakan, saya mau melihat-lihat dulu bagaimana cara produksi dan finisingnya.

“Setidaknya nanti saya bisa membandingkan harga serta kwalitas. Barangkali cocok di proyek yang lagi saya kerjakan sekarang ” Ungkap Rudi (42) asal Serabaya saat itu. (Y1T)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here