Kegiatan study banding Dinas Lingkungan Hidup Kab Madiun di SMAN 7 Malang
Kegiatan study banding Dinas Lingkungan Hidup Kab Madiun di SMAN 7 Malang.

Panjinasional. Madiun. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang dipimpin oleh Sekdin Drs Achmad Chusaini,MA bersama rombongan yang diikuti lebih kurang 35 peserta yang terdiri dari Tim Pembina dan Tim Penilai Adiwiyata Kab Madiun 2017 (Dinas Lingkungan Hidup Kab Madiun), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Madiun, Kemenag dan Tim Adiwiyata dari Sekolah Adiwiyata Mandiri ( SMAN 1 Mejayan) serta dari peserta calon Sekolah Adiwiyata Mandiri dan calon Sekolah Adiwiyata Nasional 2017 melakukan program study banding ke SMAN 7 Malang. (14/12/2017).

Dalam kegiatan tersebut masing-masing sekolah diwakili oleh 2 peserta study banding ke SMAN 7 Malang.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Madiun Ir Bambang Brasianto,SPd.MSi, “Kegiatan Study Banding ini bertujuan untuk menimba ilmu dari SMAN 7 Malang. Bagaimana kiat, trik dan progres Adiwiyata di internal sekolah tersebut dan bagaimana kiat membina 10 sekolah yang menjadi imbas (sebagai syarat maju, maka Adiwiyata Mandiri harus memiliki 10 sekolah imbas/sekolah binaan)…???.

“Dimana kita tahu, bahwa tidak semua sekolah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan tidak sedikit sekolah yang tidak mau menjalankan ‘Program Adiwiyata,” terang Kadin Ir Bambang Brasianto,SPd.MSi.

Sebagaimana diketahui bahwa SMAN 7 Malang ini telah berhasil meraih prestasi dan bias mengemban predikat sebagai “Pemenang Adiwiyata Mandiri Tahun 2017” bahkan telah mendapat penghargaan dari Presiden RI H. Djoko Widodo.

Sehingga SMAN 7 Malang ini merupakan salah satu sekolah di Propinsi Jawa Timur yang berprestasi di bidang Adiwiyata Mandiri.

Dalam rangkaian kegiatan study banding di SMAN 7 Malang ini telah dilakukan pemberian materi Adiwiyata dari Tim Adiwiyata SMAN 7 dan sekaligus diisi acara sesi tanya-jawab dengan semua peserta.

Kemudian rombongan study banding mengunjungi tempat-tempat sarana pendukung Adiwiyata di sekolah tersebut. Ketua rombongan Sekdin Drs Achmad Chusaini,MA berharap dengan program study banding ini bisa memberikan stimulan dan semangat baru bagi sekolah adiwiyata di Kab Madiun untuk memperbaiki kekurangan dan bisa mengedukasi ke smua warga sekolah, tentang budaya ramah lingkungan untuk kedepannya dapat meraih “Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dan Mandiri Tahun 2018”. (Warti/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here