Media Online Panjinasional

Mengabarkan Fakta Kebenaran

banner 728x90

Keluarkan Produk Bervariatif, Songkok Lukis Khas Gresik Kini Kian Diminati

Keluarkan Produk Bervariatif,  Songkok Lukis Khas Gresik Kini Kian Diminati

Gresik Panjinasional : Songkok atau kopyah ternyata banyak diproduksi di Kabupaten Gresik Jawa Timur. Berbagai macam model dihadirkan untuk mengikuti tren, salah satunya dengan songkok lukis. Seperti yang lakoni di salah satu rumah produksi kopyah di Kecamatan Bungah Gresik. Mereka mulai mengembangkan kopyah lukis sebagai komuditas yang paling diminati khususnya kaula muda.

Adanya kopyah lukis itu merupakan modifikasi untuk lebih meningkatkan penjualan. Selain itu, kopyah lukis banyak disukai oleh kalangan muda sebab modelnya yang kekinian dan bisa bergambar sesuai pesanan. Selain kopyah lukis, kopyah bordir juga bisa menjadi pilihan lain. Berbagai macam model dihadirkan dalam pembuatan kopyah agar lebih fariatif, seperti hiasan benang yang dijahitkan pada kopyah hitam.

“Kalau kopyah lukis biasanya banyak diminati kaula muda. Prosenya sama seperti pembuatan kopyah biasa, tapi kalau kopyah lukis itu dilukis sesuai pesanan misalnya bergambar logo organisasi maupun motif lainnya yang kekinian,” ujar Hasinuddin (33),salah satu pengusaha kopyah asal Kecamatan Bungah Gresik Jawa Timur.

Produksi kopyah lukis dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pesanan datang tak hanya dari kota pudak, melainkan dari daerah lain seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Jakarta, Kalimantan, Makassar dan Pekanbaru.

“Tak hanya dari Gresik, pesanan datang dari berbagai kota antara lain Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Jakarta, Kalimantan, Makassar dan Pekanbaru,” ujar dia.

Dikatakan Hasinuddin, kopyah lukis ini pertama kali diproduksi sejak lima tahun silam. Awalnya tidak seberapa diminati, namun mulai dua tahun ini kopyah lukis buatanya kini semakin diminati. Bahkan dalam satu bulan, produksi kopyah lukis buatan Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Dikoperindag Gresik itu mampu menjual ratusan kodi yang di jual ke berbagai daerah. Sedang terkait harga, kopyah lukis berharga variasi sesuai dengan kerumitan dalam proses pengerjaannya.

“Sekali produksi 200 Kodi, bisnis ini menguntungkan karena inovasi. Harganya pun bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu satu buah sesuai dengan kerumitan gambar,” jelasnya.

Sedang, menurut kepala Desa Bungah Gresik Jawa Timur Nasihin membenarkan bahwa didesa yang ia pimpin menjadi salah satu sentra UKM yang bergerak dalam bidang kopyah. “Sejak lama disini menjadi sentra pembuatan kopyah,” katanya. (Y1t)

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan