Media Online Panjinasional

Mengabarkan Fakta Kebenaran

banner 728x90

Simbol Pahlawan Perlu Aktualisasi

Simbol Pahlawan Perlu Aktualisasi

Yogyakarta, panjinasional.net — Bagi Indonesia, pahlawan memiliki peran dan makna yang penting bagi bangsa dan masyarakat. Kata ini juga merupakan penghormatan bagi mereka yang dahulu berjuang untuk membela kemerdekaan negeri.
Seseorang tidak serta merta terlahir sebagai pahlawan. Namun ia merupakan gelar yang diberikan oleh masyarakat dan untuk mendapatkannya harus ada aktualisasi yang diwujudkan.
Seperti disampaikan Hilman Latief, MA, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Jum’at (10/11) di halaman Gedung AR Fachruddin UMY, pahlawan merupakan sebuah simbol. “Dahulu kata ini diberikan kepada para pejuang kemerdekaan Indonesia,” tandas Hilman.

Pahlawan, bagi Hilman, merupakan sebuah gelar penghormatan yang diberikan kepada para pejuang. “Hal ini agar apa yang mereka lakukan dapat terus dikenang dan menjadi teladan,” kata Hilman yang menambahkan kata pahlawan ini tidak sebatas pada gelar kehormatan saja, tapi merupakan sebuah simbol yang berarti semangat untuk terus membela dan melakukan kebenaran.

Dikatakan Hilman, kata pahlawan tidak hanya terbatas pada orang yang kemudian gugur dalam medan perang dalam membela negara. Ia juga menjadi simbol bagi setiap orang yang sudah berjasa untuk setiap aspek kehidupan Indonesia.

Termasuk di dalamnya KH Ahmad Dahlan yang berjuang untuk memajukan umat dan menaikkan kultur hidup masyarakat secara luas. Bersama figur pahlawan lainnya KHA Dahlan menjadi pahlawan dengan berkontribusi pada rakyat lewat pendidikan dan juga kesehatan.
Hilman pun berharap kepada para pemuda untuk terus menjaga semangat perjuangan yang diwariskan oleh para pahlawan Indonesia. (Affan)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan