Kontraktor Proyek Pipa Gas Nakal...
Gresik, Panjinasional.net – Kontraktor Proyek pemasangan pipa milik Pertamina Gas sepanjang Desa Banjarsari Kecamatan Cerme – Desa Kedanyang Kecamatan Kebomas, yang dihentikan oleh Satpol PP karena tidak memiliki IMB kini beralih mengerjakan pemasangan pipa di desa Setrohadi, kec. Duduksampeyan Gresik.
Pengerjaan pemasangan yang di Desa Setrohadi kecamatan Duduksampeyan masih merupakan masih satu paket pengerjaan ini dilakukan karena dirasa jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak terpantau.
Hingga saat ini belum ada tindakan dari pihak yang berwenang terhadap pengerjaan penanaman pipa yang ada di wilayah kecamatan duduksampeyan tersebut.
Berawal dari proyek pemasangan pipa antara desa banjarsari cerme dengan desa kedanyang kebomas, yang diprotes warga karena proyek tersebut menanam pipa di tengah jalan poros desa yang merupakan sarana jalan umum bagi masyarakat ssekitar.
Penanaman pipa gas dirasa sangat merugikan warga. Utamanya di desa Kedanyang kecamatan Kebomas, habis digali terus ditanam begitu saja, jalanya tidak bisa dilalui karena becek. “Padahal jalan itu dipergunakan aktivitas setiap pagi”. Seperti inilah keadaannya kata Ainul.
.
Pelaksana proyek PT WIKA akhirnya dihentikan oleh Dispol PP di hentikan. Tapi anehnya di tempat lain masih mengerjakan pemasangannya. Pada hal penanaman Pipa gas berdiameter 28 inci itu in procedural.
Faktor lain, Proyek tersebut diketahui hingga saat ini belum mengantongi IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dari BTPSP. Juga, melanggar rekomendasi izin utilitas yang dikeluarkan DPU TR (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) Pemkab Gresik.
Sebelumnya, Dispol PP (8/5/2017) sudah menghentikan proyek tersebut, namun khusus yang melintas di jalan kabupaten Desa Kedanyang, Kebomas. Dispol PP juga sudah melayangkan panggilan kepada pihak pelaksana proyek untuk dimintai keterangan.
Pipa gas seharusnya dipendam di bahu jalan, namun oleh pelaksana dipendam di tengah jalan.
“Sudah, pengerjaan pemasangan pipa gas milik PT. WIKA di jalur Desa Banjarsari Kecamatan Cerme – Desa Kedanyang hingga Prambangan Kecamatan Kebomas berhenti total,” kata Agung Endro, Kepala Bidang Pembinaan Umum dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dispol PP Gresik.
Berdasasarkan pantauan dilapangan ,Kamis (31/5//2017), PT WIKA masih mengerjakan di desa Setrohadi kecamatan Duduk. Proyek yang diduga masih satu paket tersebut harusnya dihentikan sebelum perijinan dilengkapi.
“Yang jadi pertanyan apakah proyek tersebut tidak menjadi dalam satu paket, Kalau berhenti yah berhenti semuanya”. Kata Ainul salah seorang warga.
Sayangnya Dispol PP belum berhasil di konfirmasi tentang adanya pemasangan pipa yang jauh dari pengawasan yang berada di desa setrohadi kecamatan Duduksampeyan tersebut (shol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here