Media Online Panjinasional

Mengabarkan Fakta Kebenaran

banner 728x90

Sinergitas Polda Jatim, Inkoppol Dan Pupuk Kaltim, Dalam “S3P” Teknis Distribusi Pupuk Bersubsidi Diwilayah Jatim

Sinergitas Polda Jatim, Inkoppol Dan Pupuk Kaltim,  Dalam “S3P” Teknis Distribusi Pupuk Bersubsidi Diwilayah Jatim

Panjinasional, Surabaya. Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim), Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol) dan Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) sinergitas sosialisasi Pengamanan, Pengawasan dan Pembinaan (S3P) teknis distribusi pupuk bersubsidi diwilayah Jawa Timur, kegiatan sosialisasi diselenggarakan di Hotel Bumi Surabaya lantai Ballroom lantai 2, Jalan Jendral Basuki Rachmad nomer 106-128 Surabaya, Jawa Timur.
Pembukaan acara diresmikan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Machfud Arifin, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Gatot Subroto, beserta jajaran, Inkoppol, Semua Direksi Pupuk Kaltim, juga puluhan undangan dari stakeholder terkait, untuk membahas (S3P) teknis distribusi pupuk bersubsidi diwilayah Jawa Timur sesuai Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) yang di tetapkan di Jakarta (19/02/2001) oleh mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid.
Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Machfud Arifin mengatakan,” Pupuk merupakan salah satu sarana produksi yang mempunyai peranan penting dalam peningkatan produksi dan mutu hasil budidaya tanaman. Bahwa untuk memenuhi standar mutu dan menjamin efektifitas pupuk, maka pupuk yang diproduksi harus berasal dari formula hasil rekayasa yang telah diuji mutu dan efektifitasnya”
“Sudah menjadi tugas kepolisian untuk melakukan pengamanan, pengawasan dan pembinaan, agar tidak terjadi penyimpangan yang merugikan masyarakat, pengawasan terhadap Pupuk Palsu atau rusak yang mempengaruhi produktivitas tanaman,” Tutur Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Machfud Arifin. Selasa (23/05/2017)
Untuk Uji Efektifitas perorangan, badan hukum atau instansi pemerintah sebagaimana diatur PP tentang Ketentuan Umum, pasal (1) tentang kriteria standarisasi Pupuk yang diedarkan memenuhi persyaratan mutu dan kelayakan sesuai Standarisasi Nasional Indonesia (SNI)
Direktur Utama PT. Pupuk Kaltim Bakir Pasaman mengatakan, ” Pupuk kami sudah sesuai SNI, Pupuk an-organik mengandung unsur hara, yaitu unsur kimia yang berpengaruh terhadap produksi tanaman, terbagi 2(dua) antara lain #unsur hara utama kandungannya Nitrogen (N) Phosphor (P) dan Kalium (K), #unsur hara mikro Zinc (Zn), Mangan (Mn), dan Sulphur (S), dalam packing produk kami juga disebutkan prosentasenya agar masyarakat paham akan mutu dan kualitas produk kami, ” Pungkasnya.
Tentang kelayakan pengadaan, dijelaskan pada pasal (8) ayat (2) yaitu Pupuk harus dilakukan uji efektifitas, untuk itu perlu memenuhi persyaratan antara lain, memiliki peralatan yang memadai, memiliki lahan yang cukup, dan memiliki tenaga yang mempunyai pengetahuan dibidang budidaya tanaman dan pemupukan.
Dalam pemasarannya disebutkan tentang peredaran, pasal (12) harus memenuhi standar mutu, ayat (2) label yang dimaksud memuat nama dagang, kandungan hara, isi/berat bersih barang, masa edar, aturan pakai dan nama/ alamat produsen.
Pupuk Kaltim berdiri (07/12/1977) di Bontang Kaltim, merupakan anak perusahaan dari PT. Pupuk Indonesia Persero, saat ini memiliki kapasitas produksi Urea 3,43juta ton per-tahun, Amoniak sebanyak 2,74juta ton per-tahun dan pupuk NPK 350ribu ton per-tahun, pemasaran hasil produksi meliputi Kawasan Timur Indonesia sampai Papua kontribusi terbesar Jawa Timur, untuk ekspor kontribusi terbesar meliputi Kawasan Asia Pasifik dan Amerika Serikat.
Pengawasan dilakukan kepolisian dengan melakukan pemeriksaan terhadap proses pembuatan, tempat pembuatan, uji mutu hasil pupuknya, dan perijinannya semua tertuang di PP nomor 8 tahun 2001 tentang Pupuk Budidaya Tanaman, sebagai pelaksanaan dari pasal 37 Undang Undang nomor 12 tahun 1992 tentang sistem Budidaya Tanaman, perlu mengatur Pupuk Budidaya Tanaman sesuai dengan Peraturan Pemerintah. (M9)

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan