Media Online Panjinasional

Mengabarkan Fakta Kebenaran

banner 728x90

BIOGAS SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF

BIOGAS SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF

Panjinasional Bojonegoro : Pembangunan Instalasi Biogas dari limbah/kotoran hewan di Desa Guyangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro sangat dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar lokasi kegiatan. Pemanfaatan limbah hewan/kotoran hewan yang semula hanya dikumpulkan dan digunakan untuk rabok ( pupuk kandang ) saja, setelah adanya pembangunan intalasi biogas tersebut bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif selain LPG.
Bersama awak media ini saat meninjau lokasi kegiatan Bapak Darmin, SE selaku Kepala Desa Guyangan Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro menjelaskan di Desa ini ada 3 titik Pembangunan Intalasi Biogas. 2 titik berkapasitas kurang lebih 8 M3 dipasok minimal 4 ekor sapi yang bisa di manfaatkan 3 kepala keluarga. 1 titik lagi berkapasitas 16 M3 yang dipasok minimal 8 ekor sapi yang bisa dimanfaatkan 6-8 kepala keluarga. Sumber dana pembangunanya dari APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015, 2016 serta Dana Desa Tahun 2017.
Manfaat Pembangunan Intalasi Biogas ini sangat banyak mas : Yang pertama bisa mengurangi pencemaran lingkungan, Yang Kedua bisa mengurangi kebutuhan rumah tangga untuk pembelian gas LPG, Yang Ketiga bisa menghasilkan pupuk organik berkwalitas tanpa frekmentasi.
Saya yakin kalau kegiatan ini dikelola dengan baik dan sungguh-sungguh mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan pada khususnya dan masyarakat Desa Guyangan pada umumnya.
Menurut Rustamaji salah satu kepala keluarga penerima manfaat Pembangunan Instalasi Biogas, sangat berterima kasih kepada Bapak Kepala Desa Guyangan ( Darmin, SE ) yang telah mengalokasikan Pembangunan Intalasi Biogas di tempat ini sehingga bisa mengurangi biaya rumah tangga kami. Progam Pemberdayaan yang berkelanjutan serta berkesinambungan semacam ini patut di dukung oleh masyarakat Desa Guyangan pungkasnya. Nas/red

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan